Diktat Bibiologi



BAGIAN I INSPIRASI DARI KITAB SUCI - MINGGU 1 SAMPAI 4. PENGANTAR PENELITIAN
A.     Tuhan Berbicara
B.     Inspirasi atau penulisan ilahi
C.     Teori inspirasi
D.     Inspirasi pada umumnya
E.      Inspirasi dari Perjanjian Lama
F.      Inspirasi dari Perjanjian Baru
G.     Inspirasi untuk hari ini
A.     Istilah Alkitab
1.      Disebut "Biblion" yang berarti sebuah buku Gulir.
Kata "Biblion" berasal dari "biblos" kata yang kulit bagian dalam dari tanaman Papyrus digunakan di zaman kuno sebagai bahan untuk menulis
2.      Disebut "Perpustakaan Ilahi" oleh Jerome yang memberi kita terjemahan Vulgata Latin dari Alkitab. Pada waktu itu orang Yunani menyebutnya "Biblia" yang berarti "Buku."
3.      Abad ketiga yang disebut "Biblos" "Buku Buku," kita menyebutnya Alkitab hari ini.
4.      Nama yang diberikan Alkitab dalam empat abad pertama
a. Alkitab
b. Tulisan
c. Kitab Injil
d. Kudus Surat
e. Para peramal Allah
f. Firman Tuhan
5.      Kutipan
a.       Oswald Chambers:
"Alkitab adalah alam semesta dari fakta wahyu; Dunia alam adalah alam semesta fakta akal sehat. Komunikasi kita dengan dua semesta benar-benar berbeda. Kami datang dalam kontak dengan semesta alam oleh indera kita. Kita hanya bisa mendapatkan fakta yang diungkapkan dalam Alkitab dengan iman."
b.      Miller:
"Alkitab adalah wahyu ilahi dalam pengertian ini: Ini adalah komunikasi oleh Allah kepada manusia dari kebenaran-kebenaran tentang diri-Nya, rencana-Nya, kehendak-Nya dan penebusan manusia yang tidak akan diketahui melalui alam."
B.     Karakteristik Alkitab
1)      Satu Buku - Sebuah perpustakaan Ilahi dari buku
2)      Satu subjek - Redemption - ditulis selama periode 1.500 tahun. c.f. Kejatuhan manusia - Kej 3
3)      Satu penulis - Roh Kudus dari Allah - II Timotius 3:16
4)      Banyak penulis - Beberapa 35
C.     Bahasa
1)      Perjanjian Lama: Ibrani dan Aram(Ezra-Daniel)
2)      Perjanjian Baru: bahasa umum disebut Koine Yunani
D.     Terjemahan:
1. Beberapa 1.039 (1940, bahasa dan dialek, baik kuno dan Modern)
2. Banyak lagi yang ditambahkan sejak 1940
E.     Teks divisi
1)      Bab dan ayat-ayat tidak dalam kompilasi asli. Mereka dibuat oleh Stephen Langton Uskup Agung dari Canterbury yang meninggal pada 1228.
2)      Divisi ayat modern yang dibuat oleh Robert Stephanus Paris, printer untuk Perjanjian Baru Yunani yang diterbitkan pada tahun 1551.
3)      Paragraf - Revised Version istirahat turun dari paragraf panjang yang diadakan sejumlah topik.
F.      Cetak miring:
1. Perjanjian New Geneva - 1557-60
2. King James in Translation yang
G.    Catatan Marginal:
1)      Jelaskan arti dari nama yang tepat dan nama Yunani dan Ibrani
2)      Jelaskan kata-kata dalam kaitannya dengan uang, berat, dan ukuran
3)      Sarankan render baik lainnya dari Ibrani yang sama dan kata-kata Yunani.
4)      Sarankan arti harfiah lebih tepat Firman
5)      Menjelaskan beberapa idiom jelas dan adat istiadat
6)      Berikan kutipan dari istilah Yunani dan Ibrani lainnya
7)      Untuk perbandingan
H.    Referensi dari satu ayat yang lain pada subjek topik dalam Alkitab
·         Pendahuluan Definisi
A.     Pendahuluan Alkitab Umum - ini berkaitan dengan Alkitab sebagai keseluruhan
Bagaimana turun kepada kita dalam cara berikut:
1)      Inspirasi
2)      Bahasa dan teks
3)      Ini Asli dan integritas
4)      Ini keaslian dan kredibilitas
B.     Khusus Pendahuluan kesepakatan Alkitab dengan buku-buku masing-masing
C.     Kritik: Proses penjurian, pengujian, penyaringan, dan membuktikan
1)      Kritik Alkitab: Berusaha untuk mengamankan kata-kata yang tepat dari naskah asli dari Alkitab. Ini dibagi menjadi dua bagian
2)      Kritik historis: Berusaha usia, tanggal, penulis, komposisi
3)      Kritik Tekstual: Mencari teks yang tepat sesuai aslinya
4)      Pemusnahan kritik: titik pandang sekuler - baik kritik Tinggi atau Rendah.
D.     Teks kata: Ini berarti tubuh kata-kata yang membentuk sebuah edisi atau dokumen atau kata-kata sendiri
E.      Kritik:
1)      Orang yang memeriksa dan Hakim kualitas dari suatu hal dengan standar tertentu atau kriteria
2)      Seorang pencari kesalahan, dalam kasus kami, seorang kritikus terhormat
F.      Otoritas: Apakah hak untuk menegakkan perintah dan ketaatan
G.     Otoritas Alkitab: Hak bahwa Alkitab harus perintah dan untuk menegakkan ketaatan karena itu adalah Firman Allah sempurna
Inspirasi Alkitab
A.     Allah yang berbicara:
1)      Allah telah berbicara
a)      Oleh nabi-nabi dalam Perjanjian Lama - Amos 3:7
b)      Oleh anaknya dalam Perjanjian Baru - Ibrani; 1:1,2, 2:3,4 Rom.. 1:1,2
2)      Alkitab adalah Allah berbicara: Alkitab bukan Tuhan, tapi berbicara Allah. Dia telah berbicara melalui Roh Kudus melalui orang-orang kepada saya. Pria berbicara karena mereka digerakkan oleh Roh Kudus. Allah telah berbicara kepada kita dan kepada dunia melalui kita. (C.f. II Petrus 1:21)
Jadi dalam hal ini, Roh Kudus yang menggerakkan dan mendorong pribadi/manusia untuk berbicara atau menulis akan Alkitab.[1]
3)      Alkitab adalah Wahyu dari Allah kepada manusia. Sebuah Wahyu Ilahi Kurung: perbedaan Teologis
a)      Ateis - Deny keberadaan Tuhan
b)      Deis - Akuilah keberadaan Tuhan, tetapi menyangkal fakta Wahyu Ilahi
c)      Teis - Percayalah pada satu pribadi, Allah berdaulat, Abadi Sang Pencipta, Pemelihara, dan Gubernur alam semesta yang telah memberikan kita wahyu supranatural di dalam Alkitab dan di dalam Kristus
4)      Allah telah memberi kita Wahyu supranatural ilahi:
1)      Sebuah wahyu adalah mungkin
2)      Sebuah wahyu diperlukan
3)      Sebuah wahyu adalah wajar
4)      Sebuah wahyu yang pasti
B.     Inspirasi atau penulis Ilahi
Definisi
1.      Inspirasi dalam berarti umum: Tindakan bernapas dalam
2.      Inspirasi khusus berarti: Allah atau Tuhan meniupkan semangat
3.      Inspirasi seperti yang diterapkan terhadap Alkitab:
a)      Ini adalah nafas-Allah menjadi manusia, sehingga kualifikasi mereka untuk menerima dan mengkomunikasikan kebenaran Ilahi
b)      Asal itu dan otoritas dari Allah
4.      Dua jenis materi
a)      Wahyu adalah karya Allah dimana Dia mengkomunikasikan fakta dan kebenaran yang dikenal sebelumnya.
b)      Diketahui fakta, yang berasal dari pengamatan pribadi dan dari dokumen yang ada.
5.      Nubuat: Apakah pesan Tuhan melalui nabi, itu tidak terutama berarti prediksi.
6.      Seorang nabi: Seseorang yang berbicara untuk Tuhan
7.      Spiritual iluminasi: Cahaya di atas dan wawasan ke dalam Firman Tuhan yang setiap orang Kristen percaya mungkin telah dan harus memiliki dari Roh Kudus.
C.     Teori Inspirasi
1. Teori palsu: Termasuk orang-orang besar seperti Milton, Shakespeare, Bunyan sebagai diilhami oleh Roh Allah seperti halnya Yesaya, Paulus, dan penulis lain dalam Alkitab.
Implikasi:
a. Derajat Inspirasi
b. Iluminasi atau universal Inspirasi Kristen
c. Parsial Inspirasi
d. Sesekali Inspirasi
e. Verbal dikte - "Inspirasi Mekanikal" (Sebagai salah satu akan mendikte sebuah surat kepada sekretarisnya.)
2. Dua kata Ajaran benar inspirasi
a. Pleno inspirasi: Seluruh lengkap penuh memperluas ke setiap bagian dari Kitab Suci - II Timotius 3:16
b. Inspirasi verbal:
1) Ini berarti bahwa yang berkaitan dengan kata-kata
2) Roh Kudus mengarahkan laki-laki dalam memilih subyek dan pilihan mereka kata-kata yang tulisan-tulisan mereka mengandung - "Panduan"
c. Definisi Inspirasi Verbal Pleno:
Setiap kata di bagian yang pernah dari naskah asli Alkitab diilhamkan Allah atau diberikan oleh Allah melalui Roh Kudus.
d. Ringkasan Inspirasi:
1) Alkitab tidak hanya merupakan wahyu dari Allah, melainkan juga catatan wahyu itu.
2) Inspirasi mencakup tiga hal:
a) Wahyu atau perintah langsung dari Allah kepada manusia
b) seleksi dokumen, catatan dan materi sejarah
c) akurat catatan pernyataan dan pengajaran
D.     Ilham dari Perjanjian Lama
Pengilhaman berarti Allah mengawasi sedemikian rupa sehingga para penulis Alkitab itu menyusun dan mencatat tanpa kekeliruan pesan-Nya kepada manusia dalam bentuk kata-kata pada penulisan aslinya[2].
1.      Dari kitab suci sendiri baik Perjanjian Lama dan Baru
2.      Urutan ilahi dari Firman yang tertulis dalam Perjanjian Lama:
a)      Hukum - Ex. 10:12, 20:1-32, 35:1
b)      Para nabi (Setiap nabi menggunakan ungkapan: "Firman Tuhan datang kepada saya."
c)      Tulisan-tulisan: "Ia berbicara dengan Aku" (Daud, II Sam 23:1,2.)
3.      Kesaksian Tuhan kita Yesus Kristus - Khotbah di Bukit
4.      Para penulis dari empat Injil - Matius, Markus, Lukas, Dan John digunakan ayat Perjanjian Lama dalam tulisan mereka
5.      Ilustrasi dan pernyataan dalam Perjanjian Lama
a)      Bilangan 11:24,25 - Tuhan mengambil roh yang berada di Musa dan memberikannya kepada tujuh puluh tua-tua dan mereka bernubuat.
b)      I Samuel 10:10 - Saul, setelah menerima Roh Allah, bernubuat
c)      I Tawarikh 28:10-19 - David mengingat pola Bait Allah oleh roh
6.      Iman dan kesaksian dari Gereja Yahudi Kis 15
7.      Iman dan kesaksian Gereja Kristen percaya bahwa Perjanjian Lama terinspirasi - Ini adalah buku  teks utama mereka.
8.      Dua sejarawan sekuler mengakui inspirasi Ilahi
a)      Philo - SM 20-50 Masehi
b)      Yosefus - 37-100 Masehi
Jadi pengilhaman dapat diartikan bebas dari kesalahan[3]
E.     Inspirasi Pada Umumnya
1. Allah berbicara di masa lalu waktu dengan para nabi - Ibr. 1:1,2
2. Pada hari-hari terakhir dengan Anak-Nya: dikonfirmasi dan dilakukan oleh mereka yang mendengar-Nya. - Ibr. 2:3,4
c. Allah telah berbicara kepada manusia dengan makhlu k Malaikat serta suara-Nya sendiri.
1) Untuk Adam dan Hawa
2) Abraham
3) Israel dari Gunung Sinai
4) Untuk Anak-Nya di awal, tengah dan akhir pelayanan-Nya.
d. II Timotius 3:16,17 - Segala tulisan yang diilhamkan Allah ...
e. II Petrus 1:19-21 - ... Tapi pria Kudus berbicara atas nama Allah karena mereka digerakkan oleh Roh Kudus.
f. I Petrus 1:10-12. Ayat-ayat ini menyatakan:
1) Tema nabi Perjanjian Lama penebusan - keselamatan
2) Pesan mereka adalah tentang kasih karunia datang melalui Kristus
3) Penebusan akan datang melalui penderitaan Tuhan kita.
4) Bahwa Roh Kudus atas para nabi dan penulis Perjanjian Lama
g. Yohanes 12:34-36 - Alkitab tidak dapat rusak, disebut Alkitab sebagai hukum.
h. II Samuel 23:1,2 - Kesaksian David tertulis. Ia terinspirasi oleh Roh TUHAN yang diucapkan oleh-Nya.
i. Inspirasi dari Perjanjian Baru, ajaran Perjanjian Baru sendiri
1) Hampir tidak ada satu akan mempertanyakan ilham dari Tuhan Yesus Kristus.
a) Nya menjanjikan kepada para rasul bantuan oleh Roh Kudus dalam ucapan - Lukas 21:15
b) Injil Yohanes - 14:26
c) Kisah Para Rasul. Apa yang Yesus terus lakukan melalui Rasul-Nya yang dipilih. Petrus hari Pentakosta - Steven 7, Annanias 9
d) Surat-surat Paulus - I Kor. 2:13, Gal. 1:11,12
e) Surat-surat Umum - Petrus, Yakobus, Yohanes
f) Pengungkapan itu. Ini adalah Allah diberikan, Wahyu 1:1. Yohanes menerima pesan-Nya dari Roh Kudus, Wahyu 1:10,11, 14:13, 17:03
g) Ruang lingkup II Tim. 3:16. Ini adalah yang terakhir dari surat-surat Paulus dan mungkin di samping terakhir dari Perjanjian Baru Canon, Wahyu menjadi yang terakhir.
2) Kesaksian dari Gereja Kristen mula-mula
a) Mereka mempertahankan penghargaan yang sama untuk tulisan-tulisan Musa dan para nabi bahwa orang-orang Yahudi.
b) Mereka, pada saat yang sama, mengakui tulisan-tulisan Perjanjian Baru disusun oleh bimbingan Roh Kudus.
c) Kesaksian para Bapa Apostolik
i. Clement, Uskup Roma; Menceritakan kita bahwa Alkitab adalah firman dari Roh Allah, bahwa Paulus menulis kepada orang Kristen di Korintus dengan bantuan Roh Kudus.
ii. Justin Martyr yang mengatakan kitab-kitab Injil ditulis oleh orang-orang penuh dengan Roh Kudus.
iii. Asal kata suci melanjutkan dari Roh Kudus. Bahwa tidak ada satu titik di dalamnya tetapi apa yang diterima secara universal oleh Gereja yang ada.
iv. Dengan 150 AD Doktrin Inspirasi dari Alkitab itu diselesaikan dan diterima secara universal oleh Gereja yang ada.
F.      Inspirasi untuk hari ini
a)      Untuk Reformasi ... Sebuah periode yang disebut Abad Kegelapan. Inspirasi Pleno diadakan sampai masa Reformasi. Namun, banyak  mereka mengatakan Alkitab dalam arti harfiah, sejarah akan tidak memberikan informasi mengenai doktrin moral, karena itu harus ditafsirkan dalam arti empat kali lipat.
1)      Sejarah (Sejarah polos)
2)      Alegoris (kebenaran doktrinal)
3)      Moral atau kiasan
4)      Anagogis (keakanan mistis)
b)      Reformasi
1)      Para reformator, baik sebelum dan sesudah Reformasi percaya pada kekuatan tertinggi Alkitab sepenuhnya diilhami dan berwibawa.
2)      Dalam Perjanjian Lama Dia berbicara melalui duta diajarkan oleh sendiri.
3)      Dalam zaman Perjanjian Baru Dia Berbicara melalui Putra-Nya dan rasul-Nya.
c)      Sejak Reformasi. Ini adalah waktu kontroversi kekerasan dan ini disebut untuk definisi yang ketat.
1)      Otoritas Ilahi
2)      Kesempurnaan atau Kecukupan. Alkitab berisi semua yang diperlukan untuk keselamatan
3)      Yg jelas (per-spi-cu-dasarkan). Alkitab cukup jelas
4)      Efikasi: Alkitab adalah sarana rahmat memiliki kekuatan mengubah dosa dan menghibur yang sedih.
d)      The Decline (17 dan 18)
1)      Deisme Inggris. Munculnya pendekatan naturalistik terhadap Alkitab.
2)      Skeptisisme Perancis. Seorang pria dari Voltare nama yang menghabiskan tiga tahun di Inggris yang berkenalan dengan Deis dan kembali ke Prancis bertekad untuk menghancurkan kekristenan.
e)      Jerman: ekstrem Ajaran
1)      Mereka menekankan hal-hal doktrinal sedemikian rupa sehingga mereka ditinggalkan kinerja praktis. Menerima Alkitab sebagai terinspirasi, tetapi keluar pada garis singgung.
2)      Kutipan Luther: ". Iblis adalah ditemukan di antara orang-orang sedemikian rupa bahwa di bawah cahaya terang Injil, mereka lebih tamak, berbahaya, prasangka, kejam, tidak disiplin, kurang ajar, dan menjengkelkan daripada di bawah kepausan"
3)      Berkhotbah menjadi secretarian, kontroversial, kering dan tak bernyawa. Orang-orang kelaparan untuk makanan rohani.
f)       Perang Tiga puluh tahun yang mengerikan (1618-1648) adalah atas doktrin gereja dan aturan baik Protestan maupun Katolik.
g)      Pietis gerakan - 1635-1705; Gerakan ini dimulai dan berkembang di bawah kepemimpinan satu bernama Spencer. Ia menganjurkan berikut:
1)      Komunikasi langsung dengan Tuhan
2)      Mengambil bagian dalam kehidupan ilahi
3)      Orang memiliki Injil yang sederhana dengan cara yang dimengerti
4)      Harus menerima Roh Kudus - orang yang nyata
5)      Bahwa tulisan suci diilhamkan Firman Tuhan
h)      Jerman menjadi promotor utama dari Rasionalisme sebagai Inggris yang skeptisisme Deisme dan Perancis
i)        Modernisme berawal sekitar tahun 1900. Itu adalah istilah yang digunakan untuk gerakan liberal dalam Gereja Katolik
j)        Konservatif disebut Fundamentalis .. Percayalah ... Di Inspirasi pleno dan Otoritas ilahi Alkitab dan bahwa itu adalah salah satu diperlukan hal-hal dalam Ajaran dari Alkitab.
KESIMPULAN "Investigasi Semua dipersilahkan jika datang dari Kritik Alkitab benar. Namun, yang datang dengan rasionalistis, agnostik naturalistik,, pemikir bebas, skeptis, mereka prasangka yang melawan mukjizat, realitas atau nubuat, menyangkal realitas Wahyu, menyangkal inspirasi tulisan suci, Alkitab menyebut produk manusia dan hasil evolusi sastra, menyangkal penebusan, kelahiran perawan dan menjunjung tinggi keturunan evolusi hewan tidak memiliki bagian dalam pendekatan kritis yang benar terhadap Alkitab "-. Miller


BAGIAN II KANONISITAS KITAB SUCI - MINGGU 5 SAMPAI 8
1)      Canon dan kanonisitas
2)      Divisi Tiga kali lipat dari Perjanjian Lama
3)      Pembentukan Kanon Perjanjian Lama
4)      Empat kelas buku
5)      Perjanjian Lama Apocrypha
6)      seudepigraphy Perjanjian Lama
7)      Alexandria disebut Cano
8)      Sastra Perjanjian Baru
9)      Pembentukan Kanon Perjanjian Baru
10)  Kebutuhan dan tes Perjanjian Baru
11)  Empat kelas dari buku-buku Perjanjian Baru
Canon dan kanonisitas
A.     Makna Cannon dan kanonisitas
Penetapan Kanon itu sangat penting, sebab dengan itu Gereja menyatakan dengan berterus-terang, bahwa masa penyataan Tuhan telah diakhiri dengan Perjanjian Baru[4].
A.     Arti dari kata Canon
a)      Sebuah batang lurus atau bar yang digunakan terutama untuk menjaga hal-hal lurus (ilustrasi tingkat digunakan di blok, pertukangan petelur)
b)      Sebuah tolok ukur (contoh - meteran modern)
c)      Sebagai metafora: Itu yang berfungsi untuk menentukan hal-hal lain
d)      Sebuah standar pengujian, aturan dalam etika, seni musik.
e)      Sebagai norma hidup[5]
B.     Penggunaan alkitabiah kata Canon (disebutkan lebih dari lima kali dalam Perjanjian Baru Gal. 6:16, 3:16 Phil contoh)
C.     The arti kata kanon bila diterapkan untuk Kitab Suci
a)      Ini adalah tolok ukur, tepi lurus, pengujian atau standar penting dimana setiap buku dalam Alkitab harus diuji sebelum dapat diterima sebagai bagian dari Kitab Suci.
b)      Ini adalah nama yang diberikan kepada koleksi buku-buku yang datang ke standar (semua 66)
 Catatan: sebuah buku uncanonical adalah salah satu yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh inspirasi. Kata "Kanon" pertama kali diterapkan pada Alkitab oleh Anthanasius sekitar abad ke-4
Jadi istilah “Kanon” dalam kesusasraan merupakan alat yang sangat membantu dalam menjelaskan sesuatu yang sangat penting mengenai iman Kristen dan hubungannya degan Yudaisme, yang olehnya iman itu memancar keluar.[6]
D. Kanonisitas: Ini adalah keadaan atau kualitas yang kanonik (kanonisitas mengacu pada satu buku, di mana kanon kata mengacu pada koleksi)
a. Tes standar kanonisitas
(1) Apakah itu terinspirasi? Apakah itu diberikan oleh Allah melalui Roh Kudus melalui laki-laki, atau apakah itu datang dari manusia saja?
(2) Apakah itu ditulis, diedit atau disahkan oleh seorang nabi, atau juru bicara bagi Allah?
(3) Apakah asli? Hal itu dapat ditelusuri kembali ke Waktu penulis?
(4) Apakah otentik? Sebuah catatan yang benar dari fakta yang sebenarnya?
(5) Apakah memiliki kesaksian? Dari gereja Yahudi awal, Gereja awal atau lambat Kristen, dewan, versi-versi kuno?
b. Dasar untuk Canon (tahu ini)
(1) buku individu dari yang untuk membuat pilihan
(2) Sejumlah buku memiliki Karakter umum
(3) Sebuah agama yang umum
(4) Sebuah bangsa orang disatukan oleh bahasa umum, agama dan lembaga politik
(5) Sebuah sastra nasional suci
(6) Suatu sistem keyakinan dan praktek nasional
(7) Sebuah bahasa yang umum
(8) Seni dan praktek menulis
c. Kebutuhan untuk canon
(1) Dalam rangka bahwa orang-orang mungkin memiliki wahyu Tuhan yang sempurna.
(2) Dalam rangka bahwa orang-orang mungkin memiliki Firman Tuhan yang tertulis
(3) Dalam rangka mengetahui batas dari tulisan-tulisan yang diilhami
(4) Dalam rangka bahwa naskah dari penulis terinspirasi dapat dipertahankan dari korupsi dan perusakan
d. Kanonisasi berusaha untuk menjawab pertanyaan berikut:
(1) Mengapa setiap buku dalam Alkitab ditempatkan di sana?
(2) Mengapa buku tertentu lainnya menolak tempat di Alkitab?
(3) Mengapa semua buku ini dibawa bersama dalam satu volume?
(4) Apakah Alkitab berisi semua Buku yang termasuk di sana?
(5) Jika ada salah satu buku di dalamnya akan dihilangkan
Jadi dalam pembentukan Kanon, pada tahap pertama abad kedua hanya keputusan iman Gereja[7].

B.     Tiga kali lipat pembagian Perjanjian Lama (tahu)
1)      Alkitab Ibrani yang digunakan oleh Tuhan Yesus dan para rasul-Nya dibagi menjadi tiga bagian: Lukas 24:44
a)      Para TAURAT atau Hukum
b)      Para N'BHIIM atau Nabi
c)      Para K'THUBHIM atau tulisan
2)      Pembagian Ibrani dari Perjanjian Lama sebagai berikut
a)      Hukum (5 buku) - Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan dan Ulangan
b)      Para nabi (8 buku)
1.      Para nabi mantan (4 buku) - Yosua, Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja
2.      Para Orang nabi (4 buku)
§  Mayor (3 buku) - Yesaya, Yeremia, dan Yehezkiel)
§  Kecil (1 buku) - Dua belas
c)      Tulisan (11)
1.      Puitis; buku (3 buku) - Mazmur, Amsal, dan Ayub
2.      Lima Rolls (5 buku) - Kidung Agung, Rut, Ratapan, Pengkhotbah, dan Ester
3.      Sejarah (3 buku) - Daniel, Ezra-Nehemia, dan Tawarikh
Catatan:
1.      Para 24 kitab dalam Alkitab Ibrani berisi hal yang sama seperti melakukan 39 buku dlm pembagian modern.
2.      Buku-buku yang diberi status sesuai dengan jangka waktu penulis.
3.      Musa, pemberi hukum yang besar dan pendiri ekonomi Perjanjian Lama.
4.      Mereka dari bagian kedua yang memiliki tugas kenabian serta hadiah.
5.      Ketiga bagian oleh orang-orang yang memiliki karunia kenabian, tetapi bukan tugas kenabian, orang-orang terinspirasi tapi nabi tidak resmi.
C.     Pembentukan Kanon Perjanjian Lama
Pendahuluan:
Kanon Perjanjian Lama disebut hai graphai (Kitab-kitab Suci) atau ta hiera grammata (tulisan kudus) atau he graphe (Kitab Suci).[8] Alkitab tidak memberikan banyak informasi yang pasti mengenai kanonisasi dari setiap buku tersebut. Tidak ada catatan sejarah resmi pembentukan Canon Perjanjian Lama. Ada beberapa enam teori tentang bagaimana buku-buku itu dipilih, tetapi tidak akan cukup dalam penyelidikan 'kritis'. Berikut adalah enam:
1.      Umur
2.      Hanya sisa-sisa Sastra Ibrani yang telah bertahan
3.      Hanya koleksi permata klasik Yahudi
4.      Ini adalah dari bahasa Ibrani
5.      Ini adalah kesesuaian dengan Hukum
6.      Karena isinya agama dan moral
Tes nyata: (tahu)
a)      Alkitab adalah wahyu dari Allah
b)      Ini adalah Allah berbicara melalui Roh Kudus
c)      Allah berbicara melalui orang-orang yang diinspirasikan Allah
Langkah-langkah penerimaan (tahu)
a)      Inspirasi dan otoritas ilahi, yang membuat mereka kanonik
b)      Pengakuan Manusia inspirasi ini membuat mereka kanonik
c)      Koleksi sendiri

1.      Pentateukh
a)      Ini pelestarian. Menetapkan standar untuk kanonik yang sedang
b)      Ini penulis. Musa adalah penulis tak terbantahkan itu dan yang paling logis
c)      Ini isinya. Tidak ada penulis manusia yang mampu menduplikasi itu.
2.      Para nabi dan tulisan-tulisan
Para nabi itu sendiri diterima sebagai juru bicara Allah tetapi tidak selalu ada respon pesan mereka.
a)      Mantan nabi, seperti Yosua dan Samuel, adalah orang-orang logis untuk memiliki ditulis rekor mereka sendiri karena keduanya diperintahkan Tuhan untuk menulis. Kitab Hakim-hakim bisa saja ditulis oleh Samuel juga ..
b)      Para nabi yang terakhir seperti Yesaya, Yeremia, dan Daniel diperintahkan Tuhan untuk menempatkan secara tertulis hal-hal yang diungkapkan kepada mereka.
c)      Nabi-nabi kecil diterima sebagai mereka menulis banyak dari mereka dalam waktu sejarah Israel sebelum penawanan di Babel
3.      Tulisan-tulisan (11)
a)      Puisi - Mazmur, Amsal dan Ayub
b)      Lima Rolls - Kidung Agung, Rut, Ratapan, Pengkhotbah, Ester
c)      Sejarah - Daniel, Ezra-Nehemia, Tawarikh
4.      Penyelesaian Canon Perjanjian Lama.
Kemungkinan dan tradisi terus-menerus adalah bahwa Cannon itu completedby Ezra dan sekelompok pembantu yang dikenal sebagai "Sinagoga besar (450 Usser)
·         Tidak diragukan bahwa Perjanjian Lama Canon sudah dekat selesai pada saat Ezra sebagai kembali dari 70 tahun penangkaran kembali. Ezra membaca dalam Kitab Hukum dari pagi sampai malam, dan memberikan rasa sana. Nehemia 8:
·         Buku-buku seperti Nehemia, Ezra, Ester, Hagai dan Zakharia dimasukkan karena mereka diakui sebagai inspirasi kemudian di saat Maleakhi
·         Kitab terakhir dari Perjanjian Lama yang ditulis oleh Nabi Maleakhi sekitar SM 400, diakui pantat buku terakhir.
5.      Versi Septuaginta.
Apakah Terjemahan Yunani dari 39 buku dari Perjanjian Lama yang selesai pada 180 SM
6.      Tuhan kita Yesus Kristus dalam satu pernyataan sebagaimana dimaksud Kejadian 4:
(Dari pembunuhan Habel sampai II, Tawarikh 24:20 21 ... Itulah yang
darah Zakaria Matius 23:35)
Seluruh Perjanjian Lama diterima dan struktur dan isinya adalah yang muncul menjadi di bawah bimbingan dan perawatan menonton dari Roh Kudus. Apa wahyu yang indah .. dan wahyu indah dari Allah kepada manusia.
Dalam beberapa minggu terakhir kita telah berurusan dengan subjek .. Inspirasi dari Kitab Suci dan telah menyimpulkan bahwa itu adalah baik wajar dan satu-satunya cara bahwa Alkitab adalah unik. Hal ini terinspirasi oleh Allah melalui Roh Kudus untuk laki-laki ... diilhami oleh Allah untuk menulis

D.     Empat Kelas Buku
Kita sekarang datang ke Kelas Empat buku. Setelah menutup pertanyaan muncul Perjanjian Lama Canon mengenai berikut: Amos 8:11,12
1.      Buku tertentu sudah terkandung di Canon.
2.      Buku-buku lain ditulis belakangan tertentu yang mencari masuk dalam Canon.
3.      Hal ini melahirkan tiga kelas Books:
a)      Buku-buku dalam Perjanjian Lama yang tak terbantahkan disebut Homologoumena (homologeo mengaku tak terbantahkan). Ada 34 di nomor - semua buku Perjanjian Lama kecuali Antilegomena 5.
b)      Kelompok kedua disebut Antilegomena. Ini adalah buku di OTwhich diucapkan melawan. Antilegomena (anti lego = berbicara menentang) adalah orang-orang diperdebatkan oleh orang Yahudi sebagai tidak dapat diterima sebagai buku kanonik karena beberapa kontradiksi tampak isi, dan adalah sebagai berikut:
a. Kidung Agung ¬ hanya puisi dan cinta manusia.
b. Pengkhotbah - berisi pernyataan yang bertentangan
c. Ester - tidak menyebutkan nama Allah
d. Yehezkiel - bertentangan dengan poin tertentu dalam Hukum Musa
e. Amsal - tertentu dari kaidah-kaidahnya bertentangan satu sama lain
Catatan: Martin Luther berpikir bahwa kitab Yakobus harus dihapus dari Canon karena dia pikir isinya bertentangan dengan pembenaran oleh iman.
c)      Kelompok ketiga disebut Apokrif (rahasia atau tersembunyi) - buku-buku ditulis setelah buku-buku kanonik ditulis dan yang tidak diakui dalam Canon.They tidak bisa diambil dalam bahwa mereka tidak pernah dimasukkan ke dalam Kanon. Lihat di bawah.
d)      Keempat kelompok buku disebut Pseudepigrapha ... berarti mereka ditulis oleh orang tak dikenal sekitar musim kelahiran Kristus atau antara 200 SM dan 299 M)

E.     Perjanjian Lama Apocrypha atau Buku Apocryphal
Definisi
1.      Bahasa Yunani berarti tersembunyi, tersembunyi, memiliki kekuatan yang rahasia, esoteris, misterius, tidak jelas okultisme, memiliki arti tersembunyi.
2.      Palsu, ditempa dari penulis tidak diketahui atau penipuan atau isi sesat. Pada abad keempat Masehi Apokrif kata datang berarti Uncanonical-tidak dikenal. Buku Apochryphal adalah orang-orang yang ditemukan dalam versi Septuaginta Yunani dan versi Vulgata Latin tetapi tidak dalam Kanon Ibrani. Buku-buku ini ditulis setelah Perjanjian Lama ditutup.
a)      Ada 14 buku yang ditempatkan di antara kitab Maleakhi dan Matius dalam Perjanjian Baru. Mereka ditempatkan dalam kategori berikut:
a. 3 .. Sejarah I & II Esdras Barukh
b. 2 .. Tobit Didakhe Anak tiga orang muda
c. Agama Romances-Judith Susana
d. Nabi Ester (penambahan) Bel dan Naga
e. Legendaris rohaniwan (sirsch) I & II Macabees
b)      Penulis: Para penulis, atau penulis tidak diketahui, kecuali untuk buku Sirakh
c)      Bahasa: Semua ada dalam Bahasa Yunani.
d)      Waktu: Pendapat yang berlaku adalah bahwa tanggal berkisar dari 200 SM - 100 Masehi.
e)      Nilai dan Pentingnya: Sebuah catatan sejarah selama 450 tahun diam antara:
a. Perjanjian Lama dan Baru
b. Kehidupan luar dan dalam Yudaisme
c. Sebuah sejarah Perang Makabe
d. Lemparkan cahaya pada kondisi zaman Perjanjian Lama
e. Monothism dan praktek penyembahan berhala praktis menghilang
(Buku-buku ini menguntungkan bagi sarjana modern untuk mengejar.)
f)       Orang-orang Yahudi di semua bagian dunia menerima Canon yang sama dan ini ditemukan tanpa variasi dalam semua salinan dari Alkitab Ibrani. Tidak ada kitab Apokrif pernah menemukan jalan ke Canon Yahudi.
g)      Alasan untuk menolak Apocrypha dari Canon. (20)
1.      Tidak pernah memiliki tempat dalam Kanon Ibrani.
2.      Tidak pernah dikutip dalam Perjanjian Baru
3.      Tidak ditemukan dalam katalog buku kanonik yang dibuat selama empat Masehi abad pertama.
4.      Jerome menolak otoritas Apocrypha secara tegas paling.
5.      Inspirasi ilahi dan otoritas diklaim oleh para penulis mencatat.
6.      Mereka mengandung kedua sejarah, kesalahan geografis dan kronologis.
7.      Banyak literatur yang legendaris dan mengandung banyak absurditas.
8.      Ditulis lebih lambat dari orang-orang dari Perjanjian Lama, lama setelah Perjanjian Lama Canon ditutup.
9.      Dengan isinya adalah mustahil untuk menempatkan mereka pada pijakan yang sama seperti Hukum dan kitab para nabi. Dengan isinya mereka menghukum dirinya sendiri.

F.      Perjanjian Lama Pseudepigrapha
Ini adalah koleksi buku dari Yahudi, dan Kristen asal ditulis sebagai waktu sekitar 200 SM sekitar 200 Masehi. Seperti bahasa, mereka semua, atau hampir semua seharusnya telah ditulis dalam bahasa Ibrani atau Aram.
Mereka ada hari ini di Yunani, Syraic, Latin, Ethiopia dan Slavia.
1.      Nama
a)      Disebut Apocrypha oleh Gereja kuno
b)      Disebut Apokrifa oleh Gereja Katolik Roma pada hari ini
c)      Oleh Gereja Protestan yang lebih luas - lebih luas Apokrif
2.      Tujuan: (palsu, tulisan-tulisan palsu: Ditulis dengan nama palsu) Ini adalah tulisan-tulisan yang palsu dianggap berasal dari karakter Alkitab dan zaman Alkitab. Hal ini tidak diketahui apakah mereka ditulis untuk menipu.
3.      Isi mereka ... sebagian besar terdiri dari wahyu Apolocalyptic dan visi. Ditulis diragukan lagi oleh individu yang ingin mendorong bangsa-bangsa penderitaan Israel antara masa Perjanjian .. tetapi tidak pernah dianggap terinspirasi oleh para penulis.
4.      26 buku Pseudepigraphal
a)      12 Apokaliptik
1)       Kitab Henokh
2)       Rahasia Henokh
3)       Wahyu Barukh yang datang dari lingkungan Yahudi yang Helenis, tempat pastinya kurang jelas; isinya merupakan gabungan dari peringatan untuk setia dan harapan untuk mereka yang membutuhkan.[9]
4)       Sisa Kata Barukh
5)       Asumsi Musa
6)       Wahyu Musa
7)       Nubuat Yeremia
8)       Kenaikan Yesaya
9)       Wahyu Elia
10)    Apocalypse Esdras
11)    Apocalypse Zefanya
12)    Oracles Sbylline
b)      Legendaris 11
1) Perjanjian Adam
2) Perjanjian Abraham
3) Apocalypse Abraham
4) Kehidupan Asnat (istri Yusuf)
5) Perjanjian Salomo
6) Pentience dari Yanes dan Yambres
7) Sedikit Kejadian
8) Ishak dan Yakub
9) Perjanjian dari 12 Patriarches
10) Perjanjian Ayub
11) Kitab Nuh
c)      2 Puitis
1) Mazmur Salomo (18 dalam bahasa Yunani)
2) Tambahan Mazmur
d)      2 Didache
1) Magical Musa
2) Kisah pembawa cangkir Achiacharus untuk Esarhaddon Raja Persia
5.      Septuaginta:
a)      Sebuah kata Latin untuk tujuh puluh (70)
b)      Disebut angka Romawi LXX untuk 70 "Alexandria Canon"
c)      Latar belakang sejarah
1)      Sejumlah orang Yahudi bermigrasi ke Mesir membawa Yeremia bersama mereka (Yeremia 41-44)
2)      Dengan 332 tahun SM itu mengatakan bahwa hampir satu juta orang Yahudi tinggal di dan sekitar Alexandria
3)      Tidak dapat berbicara dan membaca bahasa Ibrani
4)      Philocrates Raja Mesir memberikan izin dan meminta Imam Besar di Yerusalem (Eleazar) untuk mengirim penerjemah ke Mesir dan menerjemahkan teks Ibrani ke dalam bahasa Yunani. Dikatakan bahwa Eleazar memilih 6 dari suku masing-masing dan mereka melakukan pekerjaan dalam 72 hari - (tidak diverifikasi).
d)      Kronologi: Bukti dari salinan LXX yang asli penuh ketidaktepatan. Ada banyak usaha untuk menerjemahkan Perjanjian Lama bahasa Ibrani ke dalam bahasa Yunani tetapi semua kekurangan dalam akurasi.
e)      Kepemilikan: Setiap naskah LXX yang telah turun ke hari kami disalin dan disimpan dalam lingkungan Yahudi Kristen tidak. Yahudi kehilangan minat dan Kristen digunakan dalam propagasi dari pembelaan iman Kristen. Septuaginta menjadi milik orang Kristen bukan Yahudi.
f)       Isi: Septuaginta berisi 14 Buku apokrif. (Sumber FF Bruce "The Books dan perkamen") Catatan: orang Yahudi yang berbahasa Yunani dari Alexandria adalah orang-orang yang tertarik dalam Pentateukh seperti yang dibacakan setiap hari Sabat mengumpulkan 200 SM
G.    Jadi yang disebut Canon Alexandria
1)      Dari fakta bahwa Canon Ibrani memiliki 24 buku (39 menurut divisi kedua) dan versi Septuaginta berisi 14 buku Apokrif telah berpendapat bahwa ada dua Kanon.
a)      Sebuah bahasa Ibrani yang disebut Canon Canon kecil
b)      Sebuah Terjemahan Yunani atau Canon Yunani yang disebut Canon yang lebih besar (yang dimulai sekitar 280 - 180) untuk orang Yahudi yang berbahasa Yunani Mesir.
2)      Alasan untuk menolak kedua Teori Canon
a)      LXX (versi Alexandria) yang paling awal (menonjol) adalah bertanggal sekitar tahun 350 AD. Hal ini akan mencakup periode dari 5 sampai 600 tahun. Buku-buku Apokrif bisa merayap masuk
b)      Semua manuskrip yang ada yang berisi buku-buku Apokrif berasal dari Kristen bukan Yahudi.
c)      Manuskrip yang masih ada yang berisi buku-buku Apokrif berbeda antara mereka sendiri.
d)      Untuk memperbesar Canon Yahudi oleh penerjemah Yahudi yang datang ke Alexandria untuk Terjemahan Yunani akan rutil dalam hal itu akan menyebabkan keretakan besar antara orang-orang Yahudi di Palestina dan Yahudi di Mesir.
e)      Yosefus menulis sekitar tahun 100 AD tampaknya mengabaikan setiap Canon lebih besar digunakan oleh orang Yahudi.
f)       Philo dan Alexandria Yahudi yang berkenalan dengan tulisan-tulisan baik kanonik dan Apocryphical pernah mengutip atau menyebutkan Apokrif.
g)      Kristus, para rasul-Nya dan para penulis Perjanjian Baru mengutip dari versi LXX lebih dari bahasa Ibrani, namun tidak pernah dikutip dari salah satu buku Apokrif.
3)      Sebuah penjelasan yang mungkin untuk buku-buku Apokrif dalam Septuaginta
a)      Tanggal Exact ketika buku Apokrif ditulis dan ketika mereka menjadi tersebar menyeluruh Septuaginta tidak diketahui.
b)      Sebagai sebagai akhir abad ke 2 setiap buku ditulis di atas dalam sebuah naskah yang terpisah, bukan menggabungkan semua atau beberapa dari mereka dalam satu volume atau rol
c)      Jika praktek yang serupa berlaku di Alexandria tanggal kedua buku apokrif ketika praktek menggabungkan beberapa buku dalam volume yang sama dilakukan buku-buku ini bisa saja disalin dan dimasukkan ke dalam volume yang sama.
H.    Sastra Perjanjian Baru - abad pertama
Pendahuluan
a)      Pertama setengah: Canon Perjanjian Lama diterima oleh baik Yahudi dan Kristen Awal
b)      Setengah detik: Injil, Surat dan Wahyu
1.      Injil
a)      Injil oral (30 -50 A) Disampaikan oleh para rasul untuk para pendengar dalam kuasa Roh Kudus, yang pada gilirannya berbagi apa yang mereka dengar dengan komunitas dimana mereka tinggal. Penganiayaan datang dan banyak melarikan diri ke kirim ke orang lain dalam migrasi mereka.
b)      Injil fragmentaris: Dengan beberapa yang berada di bawah ajaran Tuhan kita atau para Rasul dan menulis rekening Kristus.
(1) Kisah 1: 15
(2) I Korintus 15:06
(3) Lukas 11:1 - 4
c)      Para Ditulis Injil dan Wahyu
Catatan tiga hal:
§  Saksi mata .... itu menjadi lebih sedikit karena kematian
§  Para memperbesar Kekristenan melampaui Palestina
§  Diperlukan penduduk Kristen Kebenaran Injil dalam menulis karena kebutuhan untuk belajar, memiliki jaminan dan membela kebenaran melawan guru-guru palsu.
1.      Injil Markus dianggap sebagai yg pertama dari Injil tertulis. Petrus informan dan Mark penulis awal 50-an.
2.      Injil Matius (58) Matius dipanggil oleh Tuhan secara pribadi
3.      Injil Lukas (59 - 60) dokter
4.      Injil Yohanes (90 - 95 M) yang ditulis di Efesus
5.      Wahyu (95-100 M) dari pulau Patmos
2.      Waktu Penulisan: Surat-surat ditulis antara 45 dan 95 AD karena alasan berikut:
a)      Berbagai kebutuhan gereja-gereja
b)      Praktis pertanyaan membutuhkan jawaban
c)      Kenyamanan bagi orang-orang kudus yang dianiaya
d)      Hadir pernyataan doktrinal
e)      Umum silsilah Surat-surat
1)      Yakobus ditulis sekitar 45 AD untuk orang-orang percaya Yahudi
2)      I & II Tesalonika (52-53 M) Kenyamanan dari penganiayaan dan utk membantu mengatasi rasa takut akn kematian orang-orang kudus
3)      Galatia, I Korintus (57 M.)
4)      Kedua Korintus (57 M.)
5)      Roma (58 M)
6)      Efesus, Kolose, Filipi, Filemon (62-63 M)
7)      Ibrani (Paulus 64 M)
8)      Surat-surat Pastoral, I & II Pater, I, II & III Yohanes, Yudas
9)      Kisah (sekitar 63 AD)
10)  Wahyu - Wahyu (90 - 95 M)
Ringkasan: Selama abad pertama semua 27 kitab dari Canon Perjanjian Baru ditulis dan tidak diragukan lagi diterima menjadi Gereja Kristen awal. Selama waktu ini mungkin sudah ada dan tidak diragukan lagi adalah, account lain dan perkataan Tuhan kita, para Rasul dan orang lain yang mata saksi Kristus dan karya-karyanya.
I.       Pembentukan Cannon Perjanjian Baru
A.     Pengantar
Latar belakang tersusunnya Kanon Alkitab PB, disebabkan karena maraknya kitab-kitab yang dikenal dengan nama “Apokripha PB” yang mengklaim firman Tuhan, antara lain: Injil Petrus, Injil Orang Mesir, Injil Thomas, Injil Filipus, Injil Kebenaran, Injil Nikodemus, 3 Korintus,Kpr, Surat Laodikia, Wahyu Petrus, Wahyu Paulus, Wahyu Thomas, Injil Yakobus, Injil Nasrani, Injil Ibrani, Injil Ebionit, Injil Hawa, Injil Andreas. Kitab-kitab yang muncul kira-kira pada abad ke-2 ini; sedangkan 27 Kitab Perjanjian Baru sudah umum diterimah, karena itu dengan tegasditolak sebagai Kanon Alkitab[10]
1.      Perjanjian  Baru mengandung dua puluh tujuh buku yang Gereja menerima sebagai Perjanjian Baru.
2.      Semua dua puluh tujuh ada pada akhir abad pertama
3.      Buku tersebar di wilayah yang luas sejauh Timur Babel dan sejauh Roma.
4.      Buku diterima oleh gereja di mana mereka dikirim bersama dengan Perjanjian Lama sebagai Firman Allah.
5.      Buku yang berharga bersama dengan Perjanjian Lama dan dianggap sebagai mengandung kehidupan dan kata-kata Yesus. Para guru adalah Rasul.
B.     AD Pertama Abad 1 - AD 100
1.      Informasi umum
a)      Bukti bahwa pembicara dan penulis Perjanjian Baru berbicara dan menulis di bawah inspirasi Ilahi.
b)      Perjanjian Baru ditempatkan pada tingkat yang sama dengan Perjanjian Lama dalam segala hal.
c)      Penulis Ilahi yang sama dan otoritas yang diakui.
d)      Surat-surat yang dipertukarkan antara gereja-gereja - (Mis. Aku Tesalonika 5:27; Kol 4:16; Rev.1:. 11)
2.      Surat Tertulis
a)      Clement dari Roma 30-100 Masehi dalam suratnya kepada Gereja di Korintus dia mengutip kata-kata Tuhan Yesus dari Matius, Lukas, Roma, Efesus, Ibrani, Titus dan I Yohanes.
b)      Surat Barnabas 70 - 100 penuh dengan kutipan-kutipan dari Perjanjian Lama dan dari Matius menyebut mereka Kitab Suci.
c)      Ignatius 30-107 Uskup di Antiokhia dipandu dan dilindungi gereja melalui penganiayaan Domitianus wafat sebagai martir.
C.     Abad Kedua: (100-170 M)
Selama waktu ini kita memiliki langkah-langkah awal dalam pembentukan Canon Perjanjian Baru.
1.      Polikarpus (69-150 M.) Uskup Smirna. Menulis sejumlah surat-surat tetapi hanya satu tetap. Surat kepada Filipi yang telah turun kepada kita dalam bahasa Yunani, Latin, dan ada terjemahan bahasa Inggris, sebagian besar terdiri atas kutipan dari Perjanjian Baru sekitar lima puluh. (50 AD) Ia mengutip dari Matius, Lukas, Yohanes, Kisah Para Rasul, saya Petrus dan sepuluh surat-surat Paulus semua yang dianggap terinspirasi. Wafat sebagai martir pada usia 80 dibawa ke Roma untuk arena.
2.      Ajaran Dua Belas disebut "Didache" (100 M) Kutipan dari Matius dan Lukas.
3.      Justin Martyr (100 - 165 AD) dalam yang besar "Apologie" kutipan dari Matius 23 dia kali, Lukas 19 kali dan dari Kisah Para Rasul Yohanes, Markus,, Pauline Surat-surat, I Yohanes dan Wahyu.
4.      Irenaeus (125 -? 192) Uskup Lyons, Gaul dan Perancis.  Ia adalah orang yang pertama berbicara tentang “Perjanjian Baru”[11]. Dalam karya yang disebut "Against Heresies" (185 diawetkan dalam terjemahan Latin) Usess 1.800 mengutip dari Perjanjian Baru.
5.      Clement dari Alexandria (150 - 217) adalah Uskup, Scholar dan penulis, yang disebut Perjanjian Baru sebagai Kitab Suci.
6.      Tertulianus (150 -220 M) penulis besar dan guru dari Afrika Utara. Dikutip lebih dari delapan ratus bagian yang berbeda dari Perjanjian Baru, membuat 7.200 referensi. 3.800 dari Injil, 200 dari John saja. Dia acknowleged sebagai inspirasi Kitab Suci 22 atau 23 buku Perjanjian Baru.
7.      Versi-versi kuno (selama abad ini) tiga terjemahan Alkitab dibuat ke dalam bahasa lain.
a)      Old Latin yang dibuat sekitar 150 AD untuk gereja-gereja di Afrika Utara yang berisi 26 buku. (Menghilangkan II Petrus)
b)      Suryani dibuat sekitar 150 AD untuk gereja-gereja di Suriah. Ini berisi 22 buku menghilangkan II Petrus, II, III Yohanes, Yudas dan Wahyu.
c)      Tatianus yang Diatessaron Harmoni Injil berisi 4 Injil.
d)      Fragmen Muratori (170 M) ditemukan di abad ke-18 Milan dan diterbitkan 1740. Berisi banyak dari Perjanjian Baru, bersama dengan surat-surat Yohanes dan Wahyu.
D.     Abad ketiga (tahu)
Selama abad (397 M) dan berikutnya, mungkin dianggap sebagai periode pengakuan formal dari Cannon Perjanjian Baru.
1.      Origenes (185-254 AD) asli Alexandria, cendekiawan terbesar pada zamannya. Berpendidikan. akan bepergian, sarjana dan guru dibagi Perjanjian Baru ke dalam tiga kelompok.
a)      Asli dan diterima di mana-mana (21 di semua) 4 Injil, Kisah Para Rasul, Surat-surat Paulus 13, Petrus, I Yohanes, Wahyu
b)      Mereka yang disengketakan antara gereja-gereja Ibrani, Yakobus II Petrus, II, II Yohanes dan Yudas
c)      Ditolak Cannon buku Apokrif
2.      Siprianus (200 -258 M) Uskup Kartago Afrika Utara disebut "Uskup besar" dari abad ke-3. Dikutip sebagian besar Kitab Suci, tetapi tidak menunjukkan tanda Ibrani. Yakobus, II-III Yohanes, Yudas, alasan ... tidak di tangannya.
E.      Keempat Century (tahu ini)
Pada abad keempat koleksi disebut "Koleksi" dan kata "Canon" datang yang akan digunakan.
1.      Abad ini dimulai dengan penganiayaan besar di bawah Kaisar Diocletian (285-305 M)
a)      Tore bawah gereja-gereja
b)      Kitab Suci dibakar
c)      Pendeta diburu dan disiksa
d)      Martir untuk binatang dan hiburan di arena
2.      Enam Gereja ayah dari periode
a)      Eusebius, sejarawan (270 -340 M) Uskup Kaisarea diterima sebagian besar Perjanjian Baru kecuali mengalami keraguan tentang II Petrus, Yakobus, II - III Yohanes dan Yudas. Tidak ada penerimaan Apocrypha dengan cara apapun.
b)      Cyril dari Yerusalem (315-386 AD) menerima semua kitab Perjanjian Baru kecuali Wahyu.
c)      Atanasius (295 -373 M) Uskup dari Alexandria berbicara tentang beberapa orang yang telah memasukkan buku-buku Apokrif ke Canon. Ia merinci 27 dan menyebut mereka "Wells of Salvation" Ilahi dan Canonical.
d)      Jerome (340-420 M) pembuat terjemahan Latin Vulgate (387-400 M) mengakui 27 kitab kita sekarang memiliki sebagai inspirasi ilahi dan kanonik.
e)      Agustinus (3354 -430 M) Uskup dari Hippo Afrika Utara. Dia mengakui 27 kitab yang kita miliki sebagai kanonik juga. Dari abad keempat datang sepuluh ayah dan dua dewan yang memiliki daftar buku kanonik kiri. Daftar ini setuju dengan kita, kecuali ketika datang ke kitab Wahyu.
RINGKASAN: Informasi umum yang akan membantu mendorong kita untuk percaya dalam Firman Bapa Gereja dari yang pertama bagian pertama dari Abad Kelima
1)      Clement dari Roma 30-100 M
Pertama Century
2)      Ignatius 30-107 AD
3)      Polycrap 69-150 AD
Kedua Century
4)      Justin Martyr 100 -165 Masehi
5)      Irenaeus 125-192? AD
6)      Clement dari Alexandria 150-217 AD
Ketiga Century
7)      Tertulianus 150-220 AD
8)      Origenes 185-254 AD
9)      Siprianus 200-258 AD
10)  Eusebius (Uskup Cesarea) 270-340 AD
Keempat Century
11)  Athanasius 296-373 AD
12)  Cyril dari Yerusalem 315-386 AD
13)  Basilius Agung 329 - 370 AD
14)  Chrysostom 347 -407 Masehi
(Patriarkh Konstantinopel Disebut mulut Emas)
15)  Jerome 340-520 AD
16)  Agustinus 354-430 AD
J.      Kebutuhan dan uji Canon Perjanjian Baru
1.      Kebutuhan (7)
a)      Sebuah keinginan gereja-gereja untuk memiliki koleksi catatan otoritatif.
b)      Keberadaan pemimpin sesat.
c)      Sektarian memanfaatkan Apostolik ditulis sesuai dengan angan-angan mereka sendiri.
d)      Banyak buku yang ditulis di bawah nama palsu dari Rasul.
e)      Penyebaran Injil. (Membuat versi ke dalam bahasa lain sedini 150 AD)
f)       Penganiayaan oleh Diocletian membuat perlu untuk menetapkan apa yang Kitab Suci benar dan yang tidak.
g)      Kaisar Konstantin memberi status yang pertama yang Kristen sama di antara agama-agama lain dan kemudian atas negara. Ia memerintahkan 50 salinan yang akan dibuat untuk ibukotanya Konstantinopel
2.      Test (5)
a)      Apostolisitas ... telah ditulis oleh Rasul atau didikte oleh Rasul. Mark, yang telah dipilih oleh Roh Kudus untuk menulis, seperti dalam kasus dari Injil Lukas dan Kitab Kisah Para Rasul.
b)      Baca di Gereja.
c)      Pengakuan dan digunakan oleh para Bapa Apostolik (Justin Martyr, Eusebius, Agustinus)
d)      Kemampuan buku untuk meneguhkan. (Kecil tapi penting)
e)      Kesaksian Roh Kudus, dengan hati orang percaya.
Catatan: Lebih dari 24.000 salinan naskah atau bagian dalam keberadaannya hari ini.
Empat Kelas K.
 Buku Perjanjian Baru
1. Homologomena ini ... mengakui buku di mana ada pertengkaran kecil (20 di semua)
a. Empat Injil
b. Kitab Kisah Para Rasul
c. Tiga belas Pauline Epistles (Roma kepada Filemon)
d. I Petrus
e. I Yohanes
2. Antilegomena yang .... (Buku yang disengketakan) buku-buku yang muncul pertanyaan-pertanyaan tertentu dan yang terakhir harus diakui dalam Kanon.
a. Ibrani
b. James
c. II Petrus
d. II, III Yohanes
e. Jude
f Wahyu (diterima, ditolak kemudian diterima)
3. Para Apocryhal Buku atau Apokrif Perjanjian Baru, buku-buku ditolak, palsu ... makna yang sama tanpa kualitas asli 15 Contoh buku:
a. Injil Juruselamat pada masa bayi
b. Sejarah Yusuf Tukang Kayu
4. Pseudopigrapha ..... diklaim diproduksi oleh penulis Alkitab pada saat tetapi tidak pernah diterima di Canon.
a. Tujuh Injil ditulis oleh
(1) Andrew (5) Thomas
(2) Bartolomeus (6) Petrus
(3) Barnabas (7) Philip
(4) Matias
b. Delapan buku Kisah Para Rasul
(1) Yohanes (5) Thomas
(2) Paulus (6) Matias
(3) Petrus (7) Philip
(4) Andrew (8) Tadeus
c. Empat Wahyu
(1) Petrus
(2) Paulus
(3) Thomas
(4) Yohanes Teolog
Ringkasan: kami Alkitab Kristen:
a. Perjanjian Lama Canon diterima oleh komunitas Kristen sebagai kanonik.
b. Injil
(1) Injil oral ... bagian pertama abad pertama
(2) Injil fragmentaris ... Seperti ditunjukkan oleh 01:01 - 4
(3) Injil tertulis ... Markus, Matius, Lukas, Yohanes
c. Surat-surat: setengah terakhir abad pertama
(1) James sekitar 45 AD
(2) I, II Tesalonika
(3) Galatia, I Korintus
(4) II Korintus (57 AD) Roma (58 M)
(5) Efesus, Filipi, Kolose, Filemon ... Surat-surat Penjara
(6) Ibrani
(7) I, II Timotius dan Titus .... Surat Pastoral
(8) I, II Petrus, I, II, III Yohanes, Yudas (68 M) Surat Umum
(9) Kisah (63 M)
(10) Wahyu (90 - 95 M)
Catatan II: Alkitab "salinan Perjanjian Baru John Wycliff yang dijual untuk £ 40 Itu tidak terdengar seperti banyak sampai Anda menyadari bahwa upah rata-rata per tahun adalah £ 10 Jadi buku itu bernilai pendapatan rata-rata empat tahun Setiap tunggal... Terjemahan copy Wycliff adalah ditulis dengan tangan dan butuh sembilan atau sepuluh bulan untuk menulis kata indah dilakukan oleh kata.

A.     Sejarah dan Alphabet ini
Dua puluh enam huruf dan kita menulis dari kiri ke kanan.
Salah satu hal pertama seorang anak belajar di sekolah atau sebelum sekolah adalah Apa ?________
Alphabet ________Why?
1. Apa yang dimaksud dengan membaca pandangan?
2. Apa itu Phonics? Para keluar terdengar dari vokal dan konsonan dari alfabet kita.
3. Bahasa Inggris adalah bahasa atau menjadi bahasa kedua negara saat ini.
4. Abjad Inggris diwariskan dari alfabet 23 huruf Romawi.
 5. Bangsa Romawi menerima mereka dari orang-orang yang disebut Etruria.
6. Para Etruscians dari Yunani (8 ke abad 6 SM)
7. Yunani berasal dari Fenisia 18 SM Abad
(Sejauh dapat dikonfirmasi)
8. Fenisia alfabet 24 huruf konsonan semua
9. Memperkenalkan Sumeria menulis sekitar 4.000 SM
10. Primitif Menulis
a. Gambar piktogram
b. Ideogram diwakili oleh gambar
c. Rekaman suara satu bahasa tertentu
d. Tanda-tanda yang menunjukkan kata-kata Lograms seluruh
e. Menulis suku kata Ma-An-Che-es-te-er (Manchester)
f. Semit alfabet ditulis dari kanan ke kiri.
Ibrani, Arab dan Suriah ditulis dengan cara ini sekarang.
g. Yunani pada awalnya menggunakan "sapi-turn-bijaksana" dari kanan ke kiri kemudian kiri ke kanan. Kemudian menulis dari kanan ke kiri.
h. Babilonia dan lahan sekitarnya menulis di kolom bawah dari kanan ke kiri, kemudian berlari dari kiri ke kanan. (2.500 SM)
i. Latin (400 SM) dari sebuah prasasti di batu abjad ditulis dalam kolom vertikal dari atas ke bawah dan bawah ke atas. Bahan tertulis pada .... lihat catatan kelas.

B.     Alkitab Bahasa: Sejarah Bahasa Kuno
1. Ibrani
a. Nama yang diberikan untuk itu
(1) Yahudi lidah
(2) Bibir Kanaan
(3) Perjanjian Baru "Ibrani" Wahyu 9:11
b. Asal: dari luar Keluarga bahasa Semit (Kej. 10,11)
Kapur papan ilustrasi:
(1) Sebuah lingkaran dengan nama Sem di tengah
(2) Sebuah peta lokasi geografi dari orang-orang
c. Secara geografis berbicara
(1) Barat
(A) Kanaan
(B) Moab (erat mirip)
(C) Fenisia
(2) Utara
(A) orang Amori
Bahasa Kanaan tetapi mirip dengan bahasa Semit lainnya
(B) bahasa Aram
(3) Timur
(A) Komprehensif Akkadia Babilonia-
(B) Assyria
(4) Selatan
(A) Saudi
(B) Ethiopia
Catatan: Sejak abad ketujuh bahasa Arab telah menyebar Barat dan Timur dari rumah. Ini yang paling banyak digunakan bahasa Semit sekarang hari.
2. Aram - keluar dari bahasa Semit
a. Alkitab Referensi
(1) Kej 31:47 pertama kali disebutkan altar Yakub dan Laban
(2) II Raja-raja 18:17 - 39 bnd. Yesaya 36:2 -22 Waktu Hizkia, ketika Asyur di bawah pemimpin Rabi Shakeh, mengepung Yerusalem dan berbicara kepada orang Yahudi dalam bahasa Ibrani bukan bahasa Aram bahasa diplomatik.
(3) Baik Ezra dan Nehemia buku membuat referensi untuk beberapa orang yang kembali dari pembuangan berbicara bahasa Aram.
(4) Daniel 2: ___ 7 :____
b. Menjadi bahasa diplomatik Persia
c. Disampaikan melalui luar Kekaisaran Persia abad ke-8 ke abad ke-3 SM ketika ia digantikan dengan Yunani
d. Setelah abad ke-7, bahasa Aram adalah bahasa Semit yang paling banyak diucapkan
3. Yunani Berasal dari keluarga Indo Eropa bahasa sebagai bahasa Ibrani berasal dari bahasa Semit Keluarga
a. Ilustrasi menggunakan lingkaran lingkaran dua belas
(1) Dua bahasa mati:
(A) orang Het
(B) Tocharianevidence dialek ini ditemukan di Cina Turkstan
(2) Sepuluh hidup bahasa
(A) India
(B) Iran
(C) Slavanic-Rusia, Polandia, Ukraina, Ceko, Slovakia, Yugoslavia, Bulgaria
(D) Baltik - Latvia - Lithuania
(E) Jerman - Inggris - Jerman - Belanda Skandinavia
`(F) Celtic
(G) Miring - Latin
(H) Illyrian - Albania
(I) Thraco - Frigia - Armenia
(J) Yunani
b. Lokasi geografis Selatan bagian dari Semenanjung Balkin - zaman Alkitab - Makedonia - Akhaya - Korintus
Catatan: Gambarlah peta di papan tulis
c. Tiga gelombang penduduk Semenanjung ini
(1) Ionians Ibrani menyebut mereka anak-anak putra Yawan Yafet
(2) Achaean
(3) Dorian
d. Penyebaran Language
(1) Anak-anak Ionia Jawa
(2) Achaean
(3) Dorian
(4) Alexandria Agung ... menaklukkan dunia kemudian dikenal dalam sepuluh tahun. Bahasa Yunani menjadi bahasa nasional antar-sampai Latin.
e. Berbagai jenis Yunani
(1) Klasik
(2) Helenistik Sastra
(3) umum Yunani - Koine - Vernakular dari Kitab Suci Perjanjian Baru
(4) Abad Pertengahan Yunani
(5) modern Yunani
f. Kontribusi ke Kristen
(1) Septuaginta
(2) Kitab Suci Perjanjian Baru
Catatan: Dalam Perjanjian Baru kata-kata Anda dapat menemukan gaya bahasa Aram baik dan berbeda dari Yunani
Kesimpulan pada studi tentang Bahasa Alkitab
1. Ibrani Musa ke penangkaran 1.600 -606
2. Pembuangan Aram kembalinya Ezra 436 SM
3. Yunani
a. Kuno 280-180 SM
b. Umum Yunani 425 Masehi digantikan oleh Latin
4. Bahasa Asli Alkitab
a. Perjanjian Lama
(1) Ibrani-Musa ke Penawanan
(2) Pembuangan Aram-kembalinya Ezra
(2880 Yunani Kuno - 1880 SM disebut LXX atau Septuaginta)
b. Bahasa Yunani Perjanjian Baru yang umum disebut Koinay tersebut.
Digunakan sampai 380-425 digantikan oleh bahasa Latin.
5. Sejarah bahasa (kuno) Distribusi Kej 10 negara:
a. Anak-anak Japeth yang menetap di bagian utara Laut Hitam, Laut Kaspia, Laut Mediterania
b. Putra Ham menetap di Kanaan dan Afrika
c. Anak-anak Sem menetap di Mesopotamia

C.     Sejarah penulisan
1. Sumeria yang memperkenalkan menulis sekitar 4.000 SM. (Cuneiform)
2. Babilonia, Asiria
3. Berasal dari bahasa Aram-satu "Aram" dari lima anak-anak Sem. Aram diterjemahkan "Suriah" bahasa Suriah.
4. Ibrani, Bahasa Yahudi
5. Arab, cabang selatan bahasa Semit - bahasa Quran
6. Perjanjian Lama Yunani Kuno 280 SM tanggal
7. Umum Yunani - tanggal Perjanjian Baru 1100 - 400 AD
8. Latin tanggal 400 SM - 1.400 AD
9. Jerman - Inggris modern waktu

D.     Menulis Bahan

1.      Liat tabletsClay dikumpulkan dan membuat ke dalam kotak kecil. Sementara lembab dan alat yang disebut stylus digunakan untuk menulis pada mereka. Ini kemudian dimasukkan ke dalam oven atau dipecat dan menjadi catatan permanen. Ratusan ini telah ditemukan terutama di sekitar tempat kelahiran Abraham, Ur-Kasdim.
2.      Ostraca tembikar Unglazed atau potsherds tertulis di atas. Jumlah besar ditemukan di tempat-tempat penggalian.
3.      Tiga batu batu yang sangat penting
a)      Behistun: Dinamakan setelah kota di Persia. Tulisan yang sebenarnya adalah pada wajah gunung sekitar tiga ratus meter di atas tanah. Menulis itu diperintahkan oleh Darius I yang Kingof Persia, Hal ini ditulis dalam Cuneiform. Ini memiliki silsilahnya, kemenangan-Nya (19) dan syukur kepada Allah. Diawetkan dengan bahan untuk bertahan.
b)      Rosetta Stone: Sebuah lempengan batu hitam baslat diawetkan di Museum Inggris. Ditemukan pada tahun 1179 oleh seorang insinyur Perancis di sebuah kota bernama Rosetta di Delta Nil di Mesir. Sangat penting menemukan di bahwa itu membantu membuka Hieroglif Mesir menulis. Ada tiga prasasti setara.
1.      Hieroglif-gambar menulis
2.      Menulis Demotik-umum tangan bersambung Mesir
3.      Yunani Surat-Ukuran: 3 '9 "inci tinggi - 2' 41 / 2" inci lebar, 11 "tebal
c)      Batu Moab:. Sebuah blok batu basal hitam, bulat di atas dengan dasar datar 3 3 1 / 2 "8 1 / 2" tinggi, 2 '"lebar dan 1" 3 / 4 "tebal Berisi 34 baris karakter Ibrani Fenisia Ditemukan pada tahun 1868. Ini tanggal kembali ke 850 SM bentuk tertua yang diketahui dalam bahasa Ibrani dan Fenisia bentuk tulisan..Rekaman Mesha Raja Moab perang dengan Omri Raja Israel dan penerus-Nya. Dipecah menjadi tiga bagian.
d)      Kedua batu yang berisi Sepuluh Perintah Hilang atau rusak
4.      Dinding dan bangunan-Pompeii contoh
5.      Logam - Perunggu, Emas, Perak
6.      Batu berharga
7.      Kayu tablet dengan dan tanpa lapisan lilin
8.      Wax tablet yang digunakan oleh Yunani dan Romawi dari zaman awal Proses: tablet concaved dan lilin dituangkan dalam dan merapikan. Dua dapat digabungkan bersama oleh tali kulit dan berbalik muka dengan muka untuk melestarikan menulis. Bentuk Terlama Codex atau bentuk buku.
9.      Papirus-Menulis bahan dari mana kita mendapatkan nama kertas. Digunakan di Mesir. Fragmen tertua yang dikenal dating kembali ke 2.400 SM.
a)      Berlimpah pada satu waktu. Ia tumbuh di daerah berawa di delta Sungai Nil enam sampai dua belas meter. Ini adalah buluh berbentuk segitiga. Kulit luarnya telah dihapus meninggalkan empulur disebut interior. Ini ditulis setelah persiapan.
b)      Ukuran Seprai 6 "X 9". 12 "X 15" dan dijual dalam gulungan dua puluh lembar.
c)      Pentingnya: Ekspor dan bahan penulisan yang umum sampai abad keenam Masehi. Hampir semua dari Perjanjian Baru ditulis pada papirus.
10.  Perkamen dan Vellum
a)      Perkamen yang terbuat dari kulit binatang dalam bentuk kulit kecokelatan. Gumpalan ini digunakan untuk menerima menulis di zaman kuno.
1.      Digunakan oleh hewan Ibrani-bersih
2.      Digunakan oleh Persia
3.      Digunakan oleh Yunani
Yang tertua tahu spesimen tanggal gulungan kulit kembali ke sekitar 1500 SM.
b)      Vellum terutama yang terbuat dari kulit sapi atau hewan lain dari jenis yang baik.
Catatan: Dikatakan bahwa itu akan mengambil kulit domba 350 dan sekitar 150 kulit betis untuk menulis kata dari Alkitab. Naskah Perjanjian Baru Terlama sekarang ada di papirus. Dari abad keempat belas mereka ditulis pada perkamen. Konstantinus memerintahkan Athanasius untuk membuat lima puluh salinan sekitar 350 AD. Dikatakan papirus adalah bahan tradisional yang digunakan oleh klasik kafir dan perkamen itu digunakan oleh orang Kristen.
11.  Kertas: Diciptakan oleh orang Cina sekitar abad kedua SM. Orang Arab memanfaatkan itu sekitar abad ke-8 Masehi. Orang Spanyol dan ke Eropa. Kertas naskah tertua Masih ada tanggal kembali ke 1109 AD.

E.     Writing Utensils  (Note chart)
1.      Sebuah stylus Digunakan untuk menulis pada tablet kuno. Terbuat dari logam, gading atau tulang. Ini ada benarnya di satu ujung dan sebuah tombol di ujung lain untuk membuat koreksi.
2.      Sebuah pena buluh Jenis awal pena untuk menulis pada papirus dan kulit. Ini memiliki ujung seperti kuas usang. Pena menunjuk masuk sekitar abad ketiga SM.
3.      Pena Quill ini disebutkan lebih belakangan dari pada pena buluh. Ini adalah pena untuk menulis di Vellum.\
4.      lain mengimplementasikan
a)      Tinta tiga warna utama
1.      Tinta hitam dari hitam membuat lampu dan gusi dilarutkan dalam air
2.      Brown terbuat dari Nutgalls
3.      Lainnya ada merah, ungu, emas, perak
b)      Scribe alat
1.      Pisau
2.      Whet stone
3.      Batu apung - digunakan seperti kertas pasir
4.      Sponge untuk menghapus dan membersihkan titik pena

F.      Naskah
1.      Gulungan gulungan papirus abad yang terdiri dari sekitar 20 lembar dilem. Menulis itu dilakukan horizontal dalam kolom. Rumit untuk kembali roll serta untuk digunakan sebagai referensi. Orang-orang Kristen berolahraga banyak pengaruh dalam membawa tentang bentuk kodeks-buku dari gulir.
2.      Tulisan tangan
Dua gaya
a)      Uncial berarti "surat tinggi". Kami akan memanggil mereka atas kasus huruf kapital. Surat-surat itu kelanjutan dan dipisahkan. Hampir semua naskah Perjanjian Baru lebih awal dari abad kesepuluh yang UNCIAL.
b)      sangat kecil
1.      Digunakan untuk menulis non-sastra. Hal ini dikenal sebagai kursif yang, surat terhubung. Kami akan menyebutnya rendah huruf.
2.      Singkatan datang dan ini adalah korslet dari sebuah kata dalam menulis.
Keaslian dan Keaslian Kitab Suci
A.     Tanda tangan (yang berarti naskah asli)
1.      Tidak ada tanda tangan dikenal dalam keberadaan hari ini (jika ada, tidak akan ada kebutuhan untuk kritik Perjanjian Baru;. Orang bisa berkonsultasi dengan asal-usul.
2.      Tanda tangan berada di papirus dan tidak bisa bertahan hidup kecuali di daerah yang kering atau Mesir dimana Gulungan Laut Mati ditemukan. Catatan: Injil Matius akan membutuhkan gulungan papirus tiga puluh meter.
B.     Papirus - 1752 beberapa ditemukan di Naples Italia, hampir semua ditemukan di besar Mesir menemukan 1778.
1.      Informasi umum
a)      saksi yang masih ada Terlama dengan Perjanjian Baru adalah manuskrip papirus. Lebih dari tujuh puluh (70) yang sekarang dikenal dan diidentifikasi.
b)      Beberapa mengandung tiga dari empat ayat, beberapa mengandung sebagian besar Lukas, Yohanes, Kisah Para Rasul dan bagian yang luas dari Surat-surat Paulus.
c)      Pertama kali ditemukan di Mesir pada 1778 Fayum. Nilai mereka tidak menyadari sampai bertahun-tahun kemudian.
2.      Mengandung: Non-sastra dokumen-dokumen seperti kuitansi bisnis, dan perbuatan, penting bahwa mereka menumpahkan cahaya pada budaya.
3.      Penting Papirus Chester Beatty Papyri-(bagian-bagian yang ditemukan di tempat berikut dan diumumkan pada 1931)
a)      Dublin - berisi banyak Injil, Kisah Para Rasul, Surat-surat Paulus dan Wahyu.
b)      Parts di Wina dan di Michigan.
c)      Parts di Ryland Library di London. Ini adalah naskah tertua fragmen yang berisi 4 ayat dalam Yohanes 18: tanggal kembali ke abad kedua.
d)      di Jenewa Swiss Bagian
Ø  Termasuk keduanya, teks Yunani Koptik dan sekuler.
Ø  Berisi sebagian besar Injil Yohanes dating kembali ke 200 AD. Surat Petrus, Mazmur 33: dan 34: semua Rasul dan Surat-surat umum
C.     Uncial Naskah-Atas kasus (diblokir bentuk, lihat grafik) ditulis pada perkamen dan tanggal dari abad ke-4 sampai abad 10.
1.      Quanity: lebih dari 250 manuskrip uncials diketahui dari fragmen kecil hampir cukup untuk menyelesaikan Perjanjian Baru
2.      Nilai: lebih diandalkan bahwa papirus sebelumnya
3.      Ada Uncial naskah (6 beredar)
a)      Codex Sinaticus
1.      Ditulis dalam bahasa Yunani di atas perkamen
2.      Tanggal kembali ke abad ke 4h
Ø  Eusebius 270 -340
Ø  Athanaius 296 -373
Ø  Jerome 340-520
Ø  Chrysostom 347 -407
Ø  Agustinus 354 -430
3.      Berisi Perjanjian Baru 389 1 / 2 daun 13 1 / 2 x 14 1 / 2 "
4.      Ditemukan di sebuah biara di Gunung Sinai oleh seorang pria dengan nama Tischendorf, seorang sarjana besar Jerman.
5.      Sekarang location: Museum Inggris. Dibeli dari Rusia untuk 100.000 mata uang Inggris atau $ 510, 000.00 dolar Amerika.
b)      Codex Vanticanus
1.      Ditulis dalam bahasa Yunani di atas perkamen. Mengandung 759 daun 10 "X 10"
2.      Tanggal kembali ke 350 atau 325 awal abad ke-4
3.      Kurang bagian dari Ibrani, Surat-surat dan Wahyu Pastorale
4.      Ditemukan di 1481. hadir lokasi: di Perpustakaan Vatikan
c)      Codex Alexandria:
1.      Ditulis dalam abad ke-5
2.      Berisi sebagian besar Perjanjian Baru (bagian dari Matius Yohanes dan II Korintus) Perjanjian Lama dan lainnya
3.      Nilai yang digunakan oleh para ahli naskah lebih dari naskah lainnya
4.      Lokasi: di British Museum
d)      Codex Washingtoneness
1.      Ditulis dalam bahasa Yunani
2.      Tanggal kembali ke abad ke-5
3.      Berisi, keempat Injil, Matius, Yohanes, Lukas, Markus
4.      Sekarang lokasi: Smithsonian Institute di Washington
e)      Codex Ephraemi Reseriptus (ditulis selama menulis sebelumnya yang telah terhapus)
1.      Ditulis dalam bahasa Yunani
2.      Tanggal kembali ke abad ke-5
3.      Berisi Perjanjian Baru dan fragmen dari Perjanjian Lama
4.      Sekarang lokasi: Perpustakaan Nasional di Paris
f)       Codex Beza dinamai orang yang menemukannya
1.      Ditulis dalam bahasa Yunani
2.      Tanggal kembali ke abad ke-6
3.      Berisi Injil, Kisah Para Rasul, dengan halaman menghadapi Yunani dan Latin naskah Terlama dikenal untuk berisi dua bahasa.
4.      Sekarang lokasi: Perpustakaan Universitas Cambridge di Inggris sejak 1581.
D.     Minuscules naskah huruf kecil (ini berasal dari abad kesembilan dan kemudian)
1.      Jenis penulisan huruf kecil dan kursif
2.      Ada kelompok yang lebih besar daripada manuskrip Minuscules Uncials dan mereka memiliki nilai lessor. Ada sekitar 2 sampai 3,00 Minuscules dan hanya 46 berisi Perjanjian Baru lengkap.
3.      Mereka dalam sistem angka bukan alfabet
4.      Beberapa yang penting.
a)      Codex Aku naskah abad kedua belas Basil terletak di Swiss dan digunakan oleh Erasmus dalam publikasi Perjanjian Baru pertama Yunani
b)      13 naskah kuno dari abad ke-13 yang terletak di Perpustakaan nasional Paris.
c)      Codex 13 dari abad ke-10 terletak di Leningrad Perpustakaan Umum. Salah satu manuskrip Yunani semua paling indah Perjanjian Baru ditulis dalam huruf emas di vellum ungu.
5.      Lektionar: Alkitab ditulis untuk pelayanan gereja; ketertiban dan membaca setiap hari
a)      Nomor dalam keberadaan 2.000
b)      Sebuah kelompok yang terdiri dari satu Surat-surat ketiga, beberapa dari Kisah Para Rasul dan beberapa dari Injil.)
Versi literatur kuno diterjemahkan ke bahasa lain
§  Septuaginta 200 SM
§  Versi latin
1)      Latin Lama disebut Itala. Bahasa resmi dari Roma, tetapi Yunani adalah bahasa yang umum.
Ø  Tiga atau lebih naskah dari PL latin yang tahu
Ø  Terlama berasal dari abad ke-4
2)      Vulgata Latin 362 AD distandarisasi oleh Teks Yunani.
a)      Penterjemah Jerome 382 AD
b)      8.000 manuskrip Vulgata diketahui, dua kali lebih banyak karena semua yang dikenal manuskrip Yunani Perjanjian Baru.
c)      Suryani versi (7) yang sepertujuh disebut Siria Palestina digunakan saat ini.
d)      Koptik tulisan Yunani mengubah beberapa apa yang harus sesuai dengan bahasa Mesir disebut Koptik.
e)      Versi Armenia
f)       Versi Gergoria dari daerah pegunungan di sekitar Laut Hitam dan Laut Kaspia.
g)      Patristik Kutipan
Ø  Begitu luas bahwa Perjanjian Baru dapat direkonstruksi dari mereka
Ø  Kebanyakan ditemukan di Yunani dan Latin serta Siria
Ø  Beberapa penulis Patristik
o   Ambrosius dari Milan Uskup 374-397
o   Anthanasius
o   Agustinus
o   Mulut Emas Chrystom 347-407 (Timur gereja)
o   Clement dari Alexandria
o   Sejarawan Eusebius Besar Gereja
o   Asal Afrika 185-254
o   Tertulianus 150 -240 Sebagian penulis produktif para Bapa Latin
h)      Kronologi Versi Alkitab
a)      Alkitab Ibrani yang pertama
b)      Terjemahan Septuaginta LXX Yunani Ibrani 280-180 SM
c)      Perjanjian Baru Yunani ditulis pada Papirus
d)      Vulgata Latin dari sekitar 450 untuk Reformasi
e)      Versi Inggris
1)      Wycliffe versi 1380. Perjanjian Baru 1382. PL adalah terjemahan pertama dari Alkitab ke dlm bhs Inggris.
2)      Versi Tyndales. Perjanjian Baru 1525. Pertama dicetak Alkitab bahasa Inggris, tapi tidak lengkap.
3)      Alkitab Coverdale 1535, direvisi pada tahun 1537
f)       Versi Katolik O Rheims Douai Bible Perjanjian Baru 1582. Perjanjian Lama 1609, 10. Ini dibawa ke dalam keberadaan untuk melawan peredaran Alkitab bahasa Inggris. Katolik Roma yang diperlukan untuk memenuhi versi populasi gereja mereka. Ini adalah terjemahan sekunder berasal dari terjemahan dari terjemahan dari Latin Vulgate.
g)      Versi King James (Authorized Version) pada 22 Juli Raja mengumumkan bahwa ia telah menunjuk 54 orang untuk melakukan terjemahan.
§  Persyaratan ... laki-laki terbukti sebagai Sarjana Alkitab yang efisien
§  Proses ... Terorganisir menjadi enam kelompok
A.     Dua kelompok pertemuan di Westminster. Satu kelompok I Tawarikh untuk Pengkhotbah. Satu kelompok Apocrypha.
B.     Dua kelompok pertemuan di Cambridge. Satu kelompok Yesaya sampai Maleakhi. Satu kelompok Matius
C.     Dua kelompok pertemuan di Oxford. Satu kelompok Yesaya sampai Maleakhi. Satu kelompok Matius sampai Kisah Para Rasul dan Wahyu.
3)      Nilai: direncanakan pada thn 1604 menghabiskan tiga tahun dalam pekerjaan pendahuluan dan studi pribadi
4)      Mulai tahun 1607
5)      Selesai pada 1161
6)      Bertemu dengan oposisi dan banyak kesalahan ketik pada cetakan pertama itu. Dalam revisi pergi dan menjadi orang Inggris yang beredar Alkitab untuk beberapa 350 tahun. Masih favorit saat ini banyak.
7)      Revisi Versi bahasa Inggris. Perjanjian Baru 1881. Perjanjian Lama 1885
8)      Revised Version Amerika 1901
9)      New International Version 1984





[1] . G. C. van Niftrik dan B. J. Boland, Dokmatika Masa Kini, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, Cet. Ke-21,2015) 385
[2] . Charles C. Ryrie, Teologi Dasar 1, (Yokyakarta: Andi, Cet. Ke-12, 2008) 103
[3] . James Barr, Alkitab Dalam Dunia Modern, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, Cet. Ket-6, 1997) 22
[4] . H. Berkhof, Sejarah Gereja, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, Cet. Ke-24, 2009) 27
[5] . Soedarmo, Ikhtisar Dokmatika, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, Cet. Ke-7, …….) 51
[6] . John Barton, Umat Berkitab, (Jakarta: BPK Gunung mulia, Cet. Pertama, 1993) 46.
[7] . Theol. Dieter Becker, Pedoman Dokmatika, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, Cet. Ke-6, 2009) 49
[8] .  Cornelius Van Til, Pengantar Teologi Sistematiak (Surabaya: Momentum, Cet. Pertama, 2010) 283.
[9] . Klaus Koch, Kitab Yang Agung, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, Cet. Ke-3, 1997) 83
[10] . Paulus Daun, Teologi Sistematika 2, (Manado: Yayasan Daun Family, Cet. Ke-3, 2014) 37.
[11] . Bernhard Lohse,  Pengantar Sejarah Dokmatika Kristen,( Jakarta BPK: Gunung Mulia, Cet. Ke-6, 2008) 34

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Skripsi

“TINJAUAN TEOLOGIS TERHADAP PENGAJARAN ALLAH TRITUNGGAL MENURUT ERASTUS SABDONO”

Ajaran Sesat