Diktat Bibiologi
BAGIAN I INSPIRASI DARI KITAB
SUCI - MINGGU 1 SAMPAI 4. PENGANTAR PENELITIAN
A.
Tuhan
Berbicara
B.
Inspirasi
atau penulisan ilahi
C.
Teori
inspirasi
D.
Inspirasi
pada umumnya
E.
Inspirasi
dari Perjanjian Lama
F.
Inspirasi
dari Perjanjian Baru
G. Inspirasi untuk hari ini
A. Istilah
Alkitab
1.
Disebut
"Biblion" yang berarti sebuah buku Gulir.
Kata "Biblion" berasal dari
"biblos" kata yang kulit bagian dalam dari tanaman Papyrus digunakan
di zaman kuno sebagai bahan untuk menulis
2.
Disebut
"Perpustakaan Ilahi" oleh Jerome yang memberi kita terjemahan Vulgata
Latin dari Alkitab. Pada waktu itu orang Yunani menyebutnya "Biblia"
yang berarti "Buku."
3.
Abad
ketiga yang disebut "Biblos" "Buku Buku," kita menyebutnya Alkitab
hari ini.
4.
Nama
yang diberikan Alkitab dalam empat abad pertama
a. Alkitab
b. Tulisan
c. Kitab Injil
d. Kudus Surat
e. Para peramal Allah
f. Firman Tuhan
5.
Kutipan
a.
Oswald
Chambers:
"Alkitab adalah alam
semesta dari fakta wahyu; Dunia alam adalah alam semesta fakta akal sehat.
Komunikasi kita dengan dua semesta benar-benar berbeda. Kami datang dalam
kontak dengan semesta alam oleh indera kita. Kita hanya bisa mendapatkan fakta
yang diungkapkan dalam Alkitab dengan iman."
b.
Miller:
"Alkitab adalah
wahyu ilahi dalam pengertian ini: Ini adalah komunikasi oleh Allah kepada
manusia dari kebenaran-kebenaran tentang diri-Nya, rencana-Nya, kehendak-Nya
dan penebusan manusia yang tidak akan diketahui melalui alam."
B. Karakteristik
Alkitab
1)
Satu
Buku - Sebuah perpustakaan Ilahi dari buku
2)
Satu
subjek - Redemption - ditulis selama periode 1.500 tahun. c.f. Kejatuhan
manusia - Kej 3
3)
Satu
penulis - Roh Kudus dari Allah - II Timotius 3:16
4)
Banyak
penulis - Beberapa 35
C. Bahasa
1)
Perjanjian
Lama: Ibrani dan Aram(Ezra-Daniel)
2)
Perjanjian
Baru: bahasa umum disebut Koine Yunani
D. Terjemahan:
1. Beberapa 1.039 (1940, bahasa dan dialek, baik
kuno dan Modern)
2. Banyak lagi yang ditambahkan sejak 1940
E. Teks
divisi
1)
Bab
dan ayat-ayat tidak dalam kompilasi asli. Mereka dibuat oleh Stephen Langton
Uskup Agung dari Canterbury yang meninggal pada 1228.
2)
Divisi
ayat modern yang dibuat oleh Robert Stephanus Paris, printer untuk Perjanjian
Baru Yunani yang diterbitkan pada tahun 1551.
3)
Paragraf
- Revised Version istirahat turun dari paragraf panjang yang diadakan sejumlah
topik.
F. Cetak
miring:
1. Perjanjian New Geneva - 1557-60
2. King James in Translation yang
G. Catatan Marginal:
1)
Jelaskan
arti dari nama yang tepat dan nama Yunani dan Ibrani
2)
Jelaskan
kata-kata dalam kaitannya dengan uang, berat, dan ukuran
3)
Sarankan
render baik lainnya dari Ibrani yang sama dan kata-kata Yunani.
4)
Sarankan
arti harfiah lebih tepat Firman
5)
Menjelaskan
beberapa idiom jelas dan adat istiadat
6)
Berikan
kutipan dari istilah Yunani dan Ibrani lainnya
7)
Untuk
perbandingan
H. Referensi
dari satu ayat yang lain pada subjek topik dalam Alkitab
·
Pendahuluan
Definisi
A.
Pendahuluan
Alkitab Umum - ini berkaitan dengan Alkitab sebagai keseluruhan
Bagaimana turun kepada kita dalam cara berikut:
1)
Inspirasi
2)
Bahasa
dan teks
3)
Ini
Asli dan integritas
4)
Ini
keaslian dan kredibilitas
B.
Khusus
Pendahuluan kesepakatan Alkitab dengan buku-buku masing-masing
C.
Kritik:
Proses penjurian, pengujian, penyaringan, dan membuktikan
1)
Kritik
Alkitab: Berusaha untuk mengamankan kata-kata yang tepat dari naskah asli dari
Alkitab. Ini dibagi menjadi dua bagian
2)
Kritik
historis: Berusaha usia, tanggal, penulis, komposisi
3)
Kritik
Tekstual: Mencari teks yang tepat sesuai aslinya
4)
Pemusnahan
kritik: titik pandang sekuler - baik kritik Tinggi atau Rendah.
D.
Teks
kata: Ini berarti tubuh kata-kata yang membentuk sebuah edisi atau dokumen atau
kata-kata sendiri
E.
Kritik:
1)
Orang
yang memeriksa dan Hakim kualitas dari suatu hal dengan standar tertentu atau
kriteria
2)
Seorang
pencari kesalahan, dalam kasus kami, seorang kritikus terhormat
F.
Otoritas:
Apakah hak untuk menegakkan perintah dan ketaatan
G.
Otoritas
Alkitab: Hak bahwa Alkitab harus perintah dan untuk menegakkan ketaatan karena
itu adalah Firman Allah sempurna
Inspirasi Alkitab
A. Allah
yang berbicara:
1)
Allah
telah berbicara
a)
Oleh
nabi-nabi dalam Perjanjian Lama - Amos 3:7
b)
Oleh
anaknya dalam Perjanjian Baru - Ibrani; 1:1,2, 2:3,4 Rom.. 1:1,2
2)
Alkitab
adalah Allah berbicara: Alkitab
bukan Tuhan, tapi berbicara Allah. Dia telah berbicara melalui Roh Kudus
melalui orang-orang kepada saya. Pria berbicara karena mereka digerakkan oleh
Roh Kudus. Allah telah berbicara kepada kita dan kepada dunia melalui kita.
(C.f. II Petrus 1:21)
Jadi dalam hal ini, Roh Kudus yang menggerakkan dan
mendorong pribadi/manusia untuk berbicara atau menulis akan Alkitab.[1]
3)
Alkitab
adalah Wahyu dari Allah kepada manusia. Sebuah Wahyu Ilahi Kurung: perbedaan
Teologis
a)
Ateis
- Deny keberadaan Tuhan
b)
Deis
- Akuilah keberadaan Tuhan, tetapi menyangkal fakta Wahyu Ilahi
c)
Teis
- Percayalah pada satu pribadi, Allah berdaulat, Abadi Sang Pencipta,
Pemelihara, dan Gubernur alam semesta
yang telah memberikan kita wahyu supranatural di dalam Alkitab dan di dalam
Kristus
4)
Allah
telah memberi kita Wahyu supranatural ilahi:
1)
Sebuah
wahyu adalah mungkin
2)
Sebuah
wahyu diperlukan
3)
Sebuah
wahyu adalah wajar
4)
Sebuah
wahyu yang pasti
B. Inspirasi
atau penulis Ilahi
Definisi
1.
Inspirasi
dalam berarti umum: Tindakan bernapas dalam
2.
Inspirasi
khusus berarti: Allah atau Tuhan meniupkan semangat
3.
Inspirasi
seperti yang diterapkan terhadap Alkitab:
a)
Ini
adalah nafas-Allah menjadi manusia, sehingga kualifikasi mereka untuk menerima
dan mengkomunikasikan kebenaran Ilahi
b)
Asal
itu dan otoritas dari Allah
4.
Dua
jenis materi
a)
Wahyu
adalah karya Allah dimana Dia mengkomunikasikan fakta dan kebenaran yang
dikenal sebelumnya.
b)
Diketahui
fakta, yang berasal dari pengamatan pribadi dan dari dokumen yang ada.
5.
Nubuat:
Apakah pesan Tuhan melalui nabi, itu tidak terutama berarti prediksi.
6.
Seorang
nabi: Seseorang yang berbicara untuk Tuhan
7.
Spiritual
iluminasi: Cahaya di atas dan wawasan ke dalam Firman Tuhan yang setiap orang
Kristen percaya mungkin telah dan harus memiliki dari Roh Kudus.
C. Teori
Inspirasi
1. Teori palsu: Termasuk
orang-orang besar seperti Milton, Shakespeare, Bunyan sebagai diilhami oleh Roh
Allah seperti halnya Yesaya, Paulus, dan penulis lain dalam Alkitab.
Implikasi:
a. Derajat Inspirasi
b. Iluminasi atau
universal Inspirasi Kristen
c. Parsial Inspirasi
d. Sesekali Inspirasi
e. Verbal dikte -
"Inspirasi Mekanikal" (Sebagai salah satu akan mendikte sebuah surat
kepada sekretarisnya.)
2. Dua kata Ajaran benar
inspirasi
a. Pleno inspirasi:
Seluruh lengkap penuh memperluas ke setiap bagian dari Kitab Suci - II Timotius
3:16
b. Inspirasi verbal:
1) Ini berarti bahwa yang
berkaitan dengan kata-kata
2) Roh Kudus mengarahkan laki-laki
dalam memilih subyek dan pilihan mereka kata-kata yang tulisan-tulisan mereka
mengandung - "Panduan"
c. Definisi Inspirasi
Verbal Pleno:
Setiap kata di bagian
yang pernah dari naskah asli Alkitab diilhamkan Allah atau diberikan oleh Allah
melalui Roh Kudus.
d. Ringkasan Inspirasi:
1) Alkitab tidak hanya
merupakan wahyu dari Allah, melainkan juga catatan wahyu itu.
2) Inspirasi mencakup
tiga hal:
a) Wahyu atau perintah
langsung dari Allah kepada manusia
b) seleksi dokumen,
catatan dan materi sejarah
c) akurat catatan
pernyataan dan pengajaran
D. Ilham
dari Perjanjian Lama
Pengilhaman berarti Allah mengawasi sedemikian rupa
sehingga para penulis Alkitab itu menyusun dan mencatat tanpa kekeliruan
pesan-Nya kepada manusia dalam bentuk kata-kata pada penulisan aslinya[2].
1.
Dari
kitab suci sendiri baik Perjanjian Lama dan Baru
2.
Urutan
ilahi dari Firman yang tertulis dalam Perjanjian Lama:
a)
Hukum
- Ex. 10:12, 20:1-32, 35:1
b)
Para
nabi (Setiap nabi menggunakan ungkapan: "Firman Tuhan datang kepada
saya."
c)
Tulisan-tulisan:
"Ia berbicara dengan Aku" (Daud, II Sam 23:1,2.)
3.
Kesaksian
Tuhan kita Yesus Kristus - Khotbah di Bukit
4.
Para
penulis dari empat Injil - Matius, Markus, Lukas, Dan John digunakan ayat
Perjanjian Lama dalam tulisan mereka
5.
Ilustrasi
dan pernyataan dalam Perjanjian Lama
a)
Bilangan
11:24,25 - Tuhan mengambil roh yang berada di Musa dan memberikannya kepada
tujuh puluh tua-tua dan mereka bernubuat.
b)
I
Samuel 10:10 - Saul, setelah menerima Roh Allah, bernubuat
c)
I
Tawarikh 28:10-19 - David mengingat pola Bait Allah oleh roh
6.
Iman
dan kesaksian dari Gereja Yahudi Kis 15
7.
Iman
dan kesaksian Gereja Kristen percaya bahwa Perjanjian Lama terinspirasi - Ini
adalah buku teks utama mereka.
8.
Dua
sejarawan sekuler mengakui inspirasi Ilahi
a)
Philo
- SM 20-50 Masehi
b)
Yosefus
- 37-100 Masehi
Jadi
pengilhaman dapat diartikan bebas dari kesalahan[3]
E. Inspirasi
Pada Umumnya
1. Allah berbicara di
masa lalu waktu dengan para nabi - Ibr. 1:1,2
2. Pada hari-hari
terakhir dengan Anak-Nya: dikonfirmasi dan dilakukan oleh mereka yang
mendengar-Nya. - Ibr. 2:3,4
c. Allah telah berbicara
kepada manusia dengan makhlu k
Malaikat serta suara-Nya sendiri.
1) Untuk Adam dan Hawa
2) Abraham
3) Israel dari Gunung
Sinai
4) Untuk Anak-Nya di
awal, tengah dan akhir pelayanan-Nya.
d. II Timotius 3:16,17 -
Segala tulisan yang diilhamkan Allah ...
e. II Petrus 1:19-21 -
... Tapi pria Kudus berbicara atas nama Allah karena mereka digerakkan oleh Roh
Kudus.
f. I Petrus 1:10-12.
Ayat-ayat ini menyatakan:
1) Tema nabi Perjanjian
Lama penebusan - keselamatan
2) Pesan mereka adalah
tentang kasih karunia datang melalui Kristus
3) Penebusan akan datang
melalui penderitaan Tuhan kita.
4) Bahwa Roh Kudus atas
para nabi dan penulis Perjanjian Lama
g. Yohanes 12:34-36 -
Alkitab tidak dapat rusak, disebut Alkitab sebagai hukum.
h. II Samuel 23:1,2 -
Kesaksian David tertulis. Ia terinspirasi oleh Roh TUHAN yang diucapkan
oleh-Nya.
i. Inspirasi dari
Perjanjian Baru, ajaran Perjanjian Baru sendiri
1) Hampir tidak ada satu
akan mempertanyakan ilham dari Tuhan Yesus Kristus.
a) Nya menjanjikan kepada
para rasul bantuan oleh Roh Kudus dalam ucapan - Lukas 21:15
b) Injil Yohanes - 14:26
c) Kisah Para Rasul. Apa
yang Yesus terus lakukan melalui Rasul-Nya yang dipilih. Petrus hari Pentakosta
- Steven 7, Annanias 9
d) Surat-surat Paulus - I
Kor. 2:13, Gal. 1:11,12
e) Surat-surat Umum -
Petrus, Yakobus, Yohanes
f) Pengungkapan itu. Ini
adalah Allah diberikan, Wahyu 1:1. Yohanes menerima pesan-Nya dari Roh Kudus,
Wahyu 1:10,11, 14:13, 17:03
g) Ruang lingkup II Tim.
3:16. Ini adalah yang terakhir dari surat-surat Paulus dan mungkin di samping
terakhir dari Perjanjian Baru Canon, Wahyu menjadi yang terakhir.
2) Kesaksian dari Gereja
Kristen mula-mula
a) Mereka mempertahankan
penghargaan yang sama untuk tulisan-tulisan Musa dan para nabi bahwa
orang-orang Yahudi.
b) Mereka, pada saat yang
sama, mengakui tulisan-tulisan Perjanjian Baru disusun oleh bimbingan Roh
Kudus.
c) Kesaksian para Bapa
Apostolik
i. Clement, Uskup Roma;
Menceritakan kita bahwa Alkitab adalah firman dari Roh Allah, bahwa Paulus
menulis kepada orang Kristen di Korintus dengan bantuan Roh Kudus.
ii. Justin Martyr yang
mengatakan kitab-kitab Injil ditulis oleh orang-orang penuh dengan Roh Kudus.
iii. Asal kata suci
melanjutkan dari Roh Kudus. Bahwa tidak ada satu titik di dalamnya tetapi apa
yang diterima secara universal oleh Gereja yang ada.
iv. Dengan 150 AD Doktrin
Inspirasi dari Alkitab itu diselesaikan dan diterima secara universal oleh
Gereja yang ada.
F. Inspirasi
untuk hari ini
a)
Untuk
Reformasi ... Sebuah periode yang disebut Abad Kegelapan. Inspirasi Pleno
diadakan sampai masa Reformasi. Namun, banyak
mereka mengatakan Alkitab dalam arti harfiah, sejarah akan tidak
memberikan informasi mengenai doktrin moral, karena itu harus ditafsirkan dalam
arti empat kali lipat.
1)
Sejarah
(Sejarah polos)
2)
Alegoris
(kebenaran doktrinal)
3)
Moral
atau kiasan
4)
Anagogis
(keakanan mistis)
b)
Reformasi
1)
Para
reformator, baik sebelum dan sesudah Reformasi percaya pada kekuatan tertinggi
Alkitab sepenuhnya diilhami dan berwibawa.
2)
Dalam
Perjanjian Lama Dia berbicara melalui duta diajarkan oleh sendiri.
3)
Dalam
zaman Perjanjian Baru Dia Berbicara melalui Putra-Nya dan rasul-Nya.
c)
Sejak
Reformasi. Ini adalah waktu kontroversi kekerasan dan ini disebut untuk
definisi yang ketat.
1)
Otoritas
Ilahi
2)
Kesempurnaan
atau Kecukupan. Alkitab berisi semua yang diperlukan untuk keselamatan
3)
Yg
jelas (per-spi-cu-dasarkan). Alkitab cukup jelas
4)
Efikasi:
Alkitab adalah sarana rahmat memiliki kekuatan mengubah dosa dan menghibur yang
sedih.
d)
The
Decline (17 dan 18)
1)
Deisme
Inggris. Munculnya pendekatan naturalistik terhadap Alkitab.
2)
Skeptisisme
Perancis. Seorang pria dari Voltare nama yang menghabiskan tiga tahun di
Inggris yang berkenalan dengan Deis dan kembali ke Prancis bertekad untuk
menghancurkan kekristenan.
e)
Jerman:
ekstrem Ajaran
1)
Mereka
menekankan hal-hal doktrinal sedemikian rupa sehingga mereka ditinggalkan
kinerja praktis. Menerima Alkitab sebagai terinspirasi, tetapi keluar pada
garis singgung.
2)
Kutipan
Luther: ". Iblis adalah ditemukan di antara orang-orang sedemikian rupa
bahwa di bawah cahaya terang Injil, mereka lebih tamak, berbahaya, prasangka,
kejam, tidak disiplin, kurang ajar, dan menjengkelkan daripada di bawah
kepausan"
3)
Berkhotbah
menjadi secretarian, kontroversial, kering dan tak bernyawa. Orang-orang
kelaparan untuk makanan rohani.
f)
Perang
Tiga puluh tahun yang mengerikan (1618-1648) adalah atas doktrin gereja dan
aturan baik Protestan maupun Katolik.
g)
Pietis
gerakan - 1635-1705; Gerakan ini dimulai dan berkembang di bawah kepemimpinan
satu bernama Spencer. Ia menganjurkan berikut:
1)
Komunikasi
langsung dengan Tuhan
2)
Mengambil
bagian dalam kehidupan ilahi
3)
Orang
memiliki Injil yang sederhana dengan cara yang dimengerti
4)
Harus
menerima Roh Kudus - orang yang nyata
5)
Bahwa
tulisan suci diilhamkan Firman Tuhan
h)
Jerman
menjadi promotor utama dari Rasionalisme sebagai Inggris yang skeptisisme
Deisme dan Perancis
i)
Modernisme
berawal sekitar tahun 1900. Itu adalah istilah yang digunakan untuk gerakan
liberal dalam Gereja Katolik
j)
Konservatif
disebut Fundamentalis .. Percayalah ... Di Inspirasi pleno dan Otoritas ilahi
Alkitab dan bahwa itu adalah salah satu diperlukan hal-hal dalam Ajaran
dari Alkitab.
KESIMPULAN "Investigasi
Semua dipersilahkan jika datang dari Kritik Alkitab benar. Namun, yang datang
dengan rasionalistis, agnostik naturalistik,, pemikir bebas, skeptis, mereka
prasangka yang melawan mukjizat, realitas atau nubuat, menyangkal realitas
Wahyu, menyangkal inspirasi tulisan suci, Alkitab menyebut produk manusia dan
hasil evolusi sastra, menyangkal penebusan, kelahiran perawan dan menjunjung
tinggi keturunan evolusi hewan tidak memiliki bagian dalam pendekatan kritis
yang benar terhadap Alkitab "-. Miller
BAGIAN
II KANONISITAS KITAB SUCI - MINGGU 5 SAMPAI 8
1)
Canon
dan kanonisitas
2)
Divisi
Tiga kali lipat dari Perjanjian Lama
3)
Pembentukan
Kanon Perjanjian Lama
4)
Empat
kelas buku
5)
Perjanjian
Lama Apocrypha
6)
seudepigraphy
Perjanjian Lama
7)
Alexandria
disebut Cano
8)
Sastra
Perjanjian Baru
9)
Pembentukan
Kanon Perjanjian Baru
10)
Kebutuhan
dan tes Perjanjian Baru
11)
Empat
kelas dari buku-buku Perjanjian Baru
Canon dan kanonisitas
A. Makna
Cannon dan kanonisitas
Penetapan Kanon itu sangat penting, sebab dengan itu
Gereja menyatakan dengan berterus-terang, bahwa masa penyataan Tuhan telah
diakhiri dengan Perjanjian Baru[4].
A.
Arti
dari kata Canon
a)
Sebuah
batang lurus atau bar yang digunakan terutama untuk menjaga hal-hal lurus
(ilustrasi tingkat digunakan di blok, pertukangan petelur)
b)
Sebuah
tolok ukur (contoh - meteran modern)
c)
Sebagai
metafora: Itu yang berfungsi untuk menentukan hal-hal lain
d)
Sebuah
standar pengujian, aturan dalam etika, seni musik.
e)
Sebagai norma hidup[5]
B.
Penggunaan
alkitabiah kata Canon (disebutkan lebih dari lima kali dalam Perjanjian Baru
Gal. 6:16, 3:16 Phil contoh)
C.
The
arti kata kanon bila diterapkan untuk Kitab Suci
a)
Ini
adalah tolok ukur, tepi lurus, pengujian atau standar penting dimana setiap
buku dalam Alkitab harus diuji sebelum dapat diterima sebagai bagian dari Kitab
Suci.
b)
Ini
adalah nama yang diberikan kepada koleksi buku-buku yang datang ke standar
(semua 66)
Catatan: sebuah buku uncanonical adalah salah
satu yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh inspirasi. Kata
"Kanon" pertama kali diterapkan pada Alkitab oleh Anthanasius sekitar
abad ke-4
Jadi
istilah “Kanon” dalam kesusasraan merupakan alat yang sangat membantu dalam
menjelaskan sesuatu yang sangat penting mengenai iman Kristen dan hubungannya
degan Yudaisme, yang olehnya iman itu memancar keluar.[6]
D. Kanonisitas:
Ini adalah keadaan atau kualitas yang kanonik (kanonisitas mengacu pada satu
buku, di mana kanon kata mengacu pada koleksi)
a. Tes standar kanonisitas
(1) Apakah itu terinspirasi? Apakah itu diberikan
oleh Allah melalui Roh Kudus melalui laki-laki, atau apakah itu datang dari
manusia saja?
(2) Apakah itu ditulis, diedit atau disahkan oleh seorang
nabi, atau juru bicara bagi Allah?
(3) Apakah asli? Hal itu dapat ditelusuri kembali ke
Waktu penulis?
(4) Apakah otentik? Sebuah catatan yang benar dari
fakta yang sebenarnya?
(5) Apakah memiliki kesaksian? Dari gereja Yahudi
awal, Gereja awal atau lambat Kristen, dewan, versi-versi kuno?
b. Dasar untuk Canon (tahu ini)
(1) buku individu dari yang untuk membuat pilihan
(2) Sejumlah buku memiliki Karakter umum
(3) Sebuah agama yang umum
(4) Sebuah bangsa orang disatukan oleh bahasa umum,
agama dan lembaga politik
(5) Sebuah sastra nasional suci
(6) Suatu sistem keyakinan dan praktek nasional
(7) Sebuah bahasa yang umum
(8) Seni dan praktek menulis
c. Kebutuhan untuk canon
(1) Dalam rangka bahwa orang-orang mungkin memiliki
wahyu Tuhan yang sempurna.
(2) Dalam rangka bahwa orang-orang mungkin memiliki
Firman Tuhan yang tertulis
(3) Dalam rangka mengetahui batas dari
tulisan-tulisan yang diilhami
(4) Dalam rangka bahwa naskah dari penulis
terinspirasi dapat dipertahankan dari korupsi dan perusakan
d. Kanonisasi berusaha untuk menjawab pertanyaan
berikut:
(1) Mengapa setiap buku dalam Alkitab ditempatkan di
sana?
(2) Mengapa buku tertentu lainnya menolak tempat di
Alkitab?
(3) Mengapa semua buku ini dibawa bersama dalam satu
volume?
(4) Apakah Alkitab berisi semua Buku yang termasuk
di sana?
(5) Jika ada salah satu buku di dalamnya akan
dihilangkan
Jadi dalam pembentukan Kanon, pada tahap pertama abad
kedua hanya keputusan iman Gereja[7].
B. Tiga
kali lipat pembagian Perjanjian Lama (tahu)
1)
Alkitab
Ibrani yang digunakan oleh Tuhan Yesus dan para rasul-Nya dibagi menjadi tiga
bagian: Lukas 24:44
a)
Para
TAURAT atau Hukum
b)
Para
N'BHIIM atau Nabi
c)
Para
K'THUBHIM atau tulisan
2)
Pembagian
Ibrani dari Perjanjian Lama sebagai berikut
a)
Hukum
(5 buku) - Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan dan Ulangan
b)
Para
nabi (8 buku)
1.
Para
nabi mantan (4 buku) - Yosua, Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja
2.
Para
Orang nabi (4 buku)
§ Mayor (3 buku) - Yesaya,
Yeremia, dan Yehezkiel)
§ Kecil (1 buku) - Dua
belas
c)
Tulisan
(11)
1.
Puitis;
buku (3 buku) - Mazmur, Amsal, dan Ayub
2.
Lima
Rolls (5 buku) - Kidung Agung, Rut, Ratapan, Pengkhotbah, dan Ester
3.
Sejarah
(3 buku) - Daniel, Ezra-Nehemia, dan Tawarikh
Catatan:
1. Para 24 kitab dalam
Alkitab Ibrani berisi hal yang sama seperti melakukan 39 buku dlm pembagian
modern.
2. Buku-buku yang diberi
status sesuai dengan jangka waktu penulis.
3. Musa, pemberi hukum yang
besar dan pendiri ekonomi Perjanjian Lama.
4. Mereka dari bagian kedua
yang memiliki tugas kenabian serta hadiah.
5. Ketiga bagian oleh
orang-orang yang memiliki karunia kenabian, tetapi bukan tugas kenabian,
orang-orang terinspirasi tapi nabi tidak resmi.
C. Pembentukan
Kanon Perjanjian Lama
Pendahuluan:
Kanon
Perjanjian Lama disebut hai graphai (Kitab-kitab Suci) atau ta hiera grammata
(tulisan kudus) atau he graphe (Kitab Suci).[8] Alkitab tidak memberikan
banyak informasi yang pasti mengenai kanonisasi dari setiap buku tersebut.
Tidak ada catatan sejarah resmi pembentukan Canon Perjanjian Lama. Ada beberapa enam teori
tentang bagaimana buku-buku itu dipilih, tetapi tidak akan cukup dalam
penyelidikan 'kritis'. Berikut adalah enam:
1.
Umur
2.
Hanya
sisa-sisa Sastra Ibrani yang telah bertahan
3.
Hanya
koleksi permata klasik Yahudi
4.
Ini
adalah dari bahasa Ibrani
5.
Ini
adalah kesesuaian dengan Hukum
6.
Karena
isinya agama dan moral
Tes nyata: (tahu)
a)
Alkitab
adalah wahyu dari Allah
b)
Ini
adalah Allah berbicara melalui Roh Kudus
c)
Allah
berbicara melalui orang-orang yang diinspirasikan Allah
Langkah-langkah penerimaan (tahu)
a)
Inspirasi
dan otoritas ilahi, yang membuat mereka kanonik
b)
Pengakuan
Manusia inspirasi ini membuat mereka kanonik
c)
Koleksi
sendiri
1.
Pentateukh
a)
Ini
pelestarian. Menetapkan standar untuk kanonik yang sedang
b)
Ini
penulis. Musa adalah penulis tak terbantahkan itu dan yang paling logis
c)
Ini
isinya. Tidak ada penulis manusia yang mampu menduplikasi itu.
2.
Para
nabi dan tulisan-tulisan
Para nabi itu sendiri diterima sebagai juru bicara
Allah tetapi tidak selalu ada respon pesan mereka.
a)
Mantan
nabi, seperti Yosua dan Samuel, adalah orang-orang logis untuk memiliki ditulis
rekor mereka sendiri karena keduanya diperintahkan Tuhan untuk menulis. Kitab
Hakim-hakim bisa saja ditulis oleh Samuel juga ..
b)
Para
nabi yang terakhir seperti Yesaya, Yeremia, dan Daniel diperintahkan Tuhan
untuk menempatkan secara tertulis hal-hal yang diungkapkan kepada mereka.
c)
Nabi-nabi
kecil diterima sebagai mereka menulis banyak dari mereka dalam waktu sejarah
Israel sebelum penawanan di Babel
3.
Tulisan-tulisan
(11)
a)
Puisi
- Mazmur, Amsal dan Ayub
b)
Lima
Rolls - Kidung Agung, Rut, Ratapan, Pengkhotbah, Ester
c)
Sejarah
- Daniel, Ezra-Nehemia, Tawarikh
4.
Penyelesaian
Canon Perjanjian Lama.
Kemungkinan dan tradisi terus-menerus adalah bahwa
Cannon itu completedby Ezra dan sekelompok pembantu yang dikenal sebagai
"Sinagoga besar (450 Usser)
·
Tidak
diragukan bahwa Perjanjian Lama Canon sudah dekat selesai pada saat Ezra
sebagai kembali dari 70 tahun penangkaran kembali. Ezra membaca dalam Kitab
Hukum dari pagi sampai malam, dan memberikan rasa sana. Nehemia 8:
·
Buku-buku
seperti Nehemia, Ezra, Ester, Hagai dan Zakharia dimasukkan karena mereka
diakui sebagai inspirasi kemudian di saat Maleakhi
·
Kitab
terakhir dari Perjanjian Lama yang ditulis oleh Nabi Maleakhi sekitar SM 400,
diakui pantat buku terakhir.
5.
Versi
Septuaginta.
Apakah Terjemahan Yunani dari 39 buku dari
Perjanjian Lama yang selesai pada 180 SM
6.
Tuhan
kita Yesus Kristus dalam satu pernyataan sebagaimana dimaksud Kejadian 4:
(Dari pembunuhan Habel sampai II, Tawarikh 24:20 21
... Itulah yang
darah Zakaria Matius 23:35)
Seluruh Perjanjian Lama diterima dan struktur dan
isinya adalah yang muncul menjadi di bawah bimbingan dan perawatan menonton
dari Roh Kudus. Apa wahyu yang indah .. dan wahyu indah dari Allah kepada
manusia.
Dalam beberapa minggu terakhir kita telah berurusan
dengan subjek .. Inspirasi dari Kitab Suci dan telah menyimpulkan bahwa itu
adalah baik wajar dan satu-satunya cara bahwa Alkitab adalah unik. Hal ini
terinspirasi oleh Allah melalui Roh Kudus untuk laki-laki ... diilhami oleh
Allah untuk menulis
D. Empat
Kelas Buku
Kita sekarang datang ke Kelas Empat buku. Setelah
menutup pertanyaan muncul Perjanjian Lama Canon mengenai berikut: Amos 8:11,12
1. Buku tertentu sudah
terkandung di Canon.
2. Buku-buku lain ditulis
belakangan tertentu yang mencari masuk dalam Canon.
3. Hal ini melahirkan tiga
kelas Books:
a) Buku-buku dalam
Perjanjian Lama yang tak terbantahkan disebut Homologoumena (homologeo mengaku
tak terbantahkan). Ada 34 di nomor - semua buku Perjanjian Lama kecuali
Antilegomena 5.
b) Kelompok kedua disebut
Antilegomena. Ini adalah buku di OTwhich diucapkan melawan. Antilegomena (anti
lego = berbicara menentang) adalah orang-orang diperdebatkan oleh orang Yahudi
sebagai tidak dapat diterima sebagai buku kanonik karena beberapa kontradiksi
tampak isi, dan adalah sebagai berikut:
a. Kidung Agung ¬ hanya puisi dan cinta manusia.
b. Pengkhotbah - berisi pernyataan yang bertentangan
c. Ester - tidak menyebutkan nama Allah
d. Yehezkiel - bertentangan dengan poin tertentu dalam
Hukum Musa
e. Amsal - tertentu dari kaidah-kaidahnya bertentangan
satu sama lain
Catatan: Martin Luther berpikir bahwa kitab Yakobus
harus dihapus dari Canon karena dia pikir isinya bertentangan dengan pembenaran
oleh iman.
c) Kelompok ketiga disebut
Apokrif (rahasia atau tersembunyi) - buku-buku ditulis setelah buku-buku
kanonik ditulis dan yang tidak diakui dalam Canon.They tidak bisa diambil dalam
bahwa mereka tidak pernah dimasukkan ke dalam Kanon. Lihat di bawah.
d) Keempat kelompok buku
disebut Pseudepigrapha ... berarti mereka ditulis oleh orang tak dikenal
sekitar musim kelahiran Kristus atau antara 200 SM dan 299 M)
E. Perjanjian
Lama Apocrypha atau Buku Apocryphal
Definisi
1.
Bahasa
Yunani berarti tersembunyi, tersembunyi, memiliki kekuatan yang rahasia,
esoteris, misterius, tidak jelas okultisme, memiliki arti tersembunyi.
2.
Palsu,
ditempa dari penulis tidak diketahui atau penipuan atau isi sesat. Pada abad keempat
Masehi Apokrif kata datang berarti Uncanonical-tidak dikenal. Buku Apochryphal adalah
orang-orang yang ditemukan dalam versi Septuaginta Yunani dan versi Vulgata
Latin tetapi tidak dalam Kanon Ibrani. Buku-buku ini ditulis setelah Perjanjian
Lama ditutup.
a)
Ada
14 buku yang ditempatkan di antara kitab Maleakhi dan Matius dalam Perjanjian
Baru. Mereka ditempatkan dalam kategori berikut:
a. 3 .. Sejarah I & II Esdras Barukh
b. 2 .. Tobit Didakhe Anak tiga orang muda
c. Agama Romances-Judith Susana
d. Nabi Ester (penambahan) Bel dan Naga
e. Legendaris rohaniwan (sirsch) I & II Macabees
b)
Penulis:
Para penulis, atau penulis tidak diketahui, kecuali untuk buku Sirakh
c)
Bahasa:
Semua ada dalam Bahasa Yunani.
d)
Waktu:
Pendapat yang berlaku adalah bahwa tanggal berkisar dari 200 SM - 100 Masehi.
e)
Nilai
dan Pentingnya: Sebuah catatan sejarah selama 450 tahun diam antara:
a. Perjanjian Lama dan
Baru
b. Kehidupan luar dan
dalam Yudaisme
c. Sebuah sejarah Perang
Makabe
d. Lemparkan cahaya pada
kondisi zaman Perjanjian Lama
e. Monothism dan praktek
penyembahan berhala praktis menghilang
(Buku-buku ini
menguntungkan bagi sarjana modern untuk mengejar.)
f)
Orang-orang
Yahudi di semua bagian dunia menerima Canon yang sama dan ini ditemukan tanpa
variasi dalam semua salinan dari Alkitab Ibrani. Tidak ada kitab Apokrif pernah
menemukan jalan ke Canon Yahudi.
g)
Alasan
untuk menolak Apocrypha dari Canon. (20)
1.
Tidak
pernah memiliki tempat dalam Kanon Ibrani.
2.
Tidak
pernah dikutip dalam Perjanjian Baru
3.
Tidak
ditemukan dalam katalog buku kanonik yang dibuat selama empat Masehi abad
pertama.
4.
Jerome
menolak otoritas Apocrypha secara tegas paling.
5.
Inspirasi
ilahi dan otoritas diklaim oleh para penulis mencatat.
6.
Mereka
mengandung kedua sejarah, kesalahan geografis dan kronologis.
7.
Banyak
literatur yang legendaris dan mengandung banyak absurditas.
8.
Ditulis
lebih lambat dari orang-orang dari Perjanjian Lama, lama setelah Perjanjian
Lama Canon ditutup.
9.
Dengan
isinya adalah mustahil untuk menempatkan mereka pada pijakan yang sama seperti
Hukum dan kitab para nabi. Dengan isinya mereka menghukum dirinya sendiri.
F. Perjanjian
Lama Pseudepigrapha
Ini adalah koleksi buku dari Yahudi, dan Kristen
asal ditulis sebagai waktu sekitar 200 SM sekitar 200 Masehi. Seperti bahasa,
mereka semua, atau hampir semua seharusnya telah ditulis dalam bahasa Ibrani
atau Aram.
Mereka ada hari ini di Yunani, Syraic, Latin,
Ethiopia dan Slavia.
1.
Nama
a)
Disebut
Apocrypha oleh Gereja kuno
b)
Disebut
Apokrifa oleh Gereja Katolik Roma pada hari ini
c)
Oleh
Gereja Protestan yang lebih luas - lebih luas Apokrif
2.
Tujuan:
(palsu, tulisan-tulisan palsu: Ditulis dengan nama palsu) Ini adalah
tulisan-tulisan yang palsu dianggap berasal dari karakter Alkitab dan zaman
Alkitab. Hal ini tidak diketahui apakah mereka ditulis untuk menipu.
3.
Isi
mereka ... sebagian besar terdiri dari wahyu Apolocalyptic dan visi. Ditulis
diragukan lagi oleh individu yang ingin mendorong bangsa-bangsa penderitaan
Israel antara masa Perjanjian .. tetapi tidak pernah dianggap terinspirasi oleh
para penulis.
4.
26
buku Pseudepigraphal
a)
12
Apokaliptik
1) Kitab Henokh
2) Rahasia Henokh
3) Wahyu Barukh yang
datang dari lingkungan Yahudi yang Helenis, tempat pastinya kurang jelas;
isinya merupakan gabungan dari peringatan untuk setia dan harapan untuk mereka
yang membutuhkan.[9]
4) Sisa Kata Barukh
5) Asumsi Musa
6) Wahyu Musa
7) Nubuat Yeremia
8) Kenaikan Yesaya
9) Wahyu Elia
10) Apocalypse Esdras
11) Apocalypse Zefanya
12) Oracles Sbylline
b)
Legendaris
11
1) Perjanjian Adam
2) Perjanjian Abraham
3) Apocalypse Abraham
4) Kehidupan Asnat (istri
Yusuf)
5) Perjanjian Salomo
6) Pentience dari Yanes
dan Yambres
7) Sedikit Kejadian
8) Ishak dan Yakub
9) Perjanjian dari 12
Patriarches
10) Perjanjian Ayub
11) Kitab Nuh
c)
2
Puitis
1) Mazmur Salomo (18 dalam bahasa
Yunani)
2) Tambahan Mazmur
d)
2
Didache
1) Magical Musa
2) Kisah pembawa cangkir
Achiacharus untuk Esarhaddon Raja Persia
5.
Septuaginta:
a)
Sebuah
kata Latin untuk tujuh puluh (70)
b)
Disebut
angka Romawi LXX untuk 70 "Alexandria Canon"
c)
Latar
belakang sejarah
1)
Sejumlah
orang Yahudi bermigrasi ke Mesir membawa Yeremia bersama mereka (Yeremia 41-44)
2)
Dengan
332 tahun SM itu mengatakan bahwa hampir satu juta orang Yahudi tinggal di dan
sekitar Alexandria
3)
Tidak
dapat berbicara dan membaca bahasa Ibrani
4)
Philocrates
Raja Mesir memberikan izin dan meminta Imam Besar di Yerusalem (Eleazar) untuk
mengirim penerjemah ke Mesir dan menerjemahkan teks Ibrani ke dalam bahasa
Yunani. Dikatakan bahwa Eleazar memilih 6 dari suku masing-masing dan mereka
melakukan pekerjaan dalam 72 hari - (tidak diverifikasi).
d)
Kronologi:
Bukti dari salinan LXX yang asli penuh ketidaktepatan. Ada banyak usaha untuk
menerjemahkan Perjanjian Lama bahasa Ibrani ke dalam bahasa Yunani tetapi semua
kekurangan dalam akurasi.
e)
Kepemilikan:
Setiap naskah LXX yang telah turun ke hari kami disalin dan disimpan dalam
lingkungan Yahudi Kristen tidak. Yahudi kehilangan minat dan Kristen digunakan
dalam propagasi dari pembelaan iman Kristen. Septuaginta menjadi milik orang
Kristen bukan Yahudi.
f)
Isi:
Septuaginta berisi 14 Buku apokrif. (Sumber FF Bruce "The Books dan
perkamen") Catatan: orang Yahudi
yang berbahasa Yunani dari Alexandria adalah orang-orang yang tertarik dalam
Pentateukh seperti yang dibacakan setiap hari Sabat mengumpulkan 200 SM
G. Jadi
yang disebut Canon Alexandria
1)
Dari
fakta bahwa Canon Ibrani memiliki 24 buku (39 menurut divisi kedua) dan versi
Septuaginta berisi 14 buku Apokrif telah berpendapat bahwa ada dua Kanon.
a)
Sebuah
bahasa Ibrani yang disebut Canon Canon kecil
b)
Sebuah
Terjemahan Yunani atau Canon Yunani yang disebut Canon yang lebih besar (yang
dimulai sekitar 280 - 180) untuk orang Yahudi yang berbahasa Yunani Mesir.
2)
Alasan
untuk menolak kedua Teori Canon
a)
LXX
(versi Alexandria) yang paling awal (menonjol) adalah bertanggal sekitar tahun
350 AD. Hal ini akan mencakup periode dari 5 sampai 600 tahun. Buku-buku
Apokrif bisa merayap masuk
b)
Semua
manuskrip yang ada yang berisi buku-buku Apokrif berasal dari Kristen bukan
Yahudi.
c)
Manuskrip
yang masih ada yang berisi buku-buku Apokrif berbeda antara mereka sendiri.
d)
Untuk
memperbesar Canon Yahudi oleh penerjemah Yahudi yang datang ke Alexandria untuk
Terjemahan Yunani akan rutil dalam hal itu akan menyebabkan keretakan besar
antara orang-orang Yahudi di Palestina dan Yahudi di Mesir.
e)
Yosefus
menulis sekitar tahun 100 AD tampaknya mengabaikan setiap Canon lebih besar
digunakan oleh orang Yahudi.
f)
Philo
dan Alexandria Yahudi yang berkenalan dengan tulisan-tulisan baik kanonik dan
Apocryphical pernah mengutip atau menyebutkan Apokrif.
g)
Kristus,
para rasul-Nya dan para penulis Perjanjian Baru mengutip dari versi LXX lebih dari
bahasa Ibrani, namun tidak pernah dikutip dari salah satu buku Apokrif.
3)
Sebuah
penjelasan yang mungkin untuk buku-buku Apokrif dalam Septuaginta
a)
Tanggal
Exact ketika buku Apokrif ditulis dan ketika mereka menjadi tersebar menyeluruh
Septuaginta tidak diketahui.
b)
Sebagai
sebagai akhir abad ke 2 setiap buku ditulis di atas dalam sebuah naskah yang
terpisah, bukan menggabungkan semua atau beberapa dari mereka dalam satu volume
atau rol
c)
Jika
praktek yang serupa berlaku di Alexandria tanggal kedua buku apokrif ketika
praktek menggabungkan beberapa buku dalam volume yang sama dilakukan buku-buku
ini bisa saja disalin dan dimasukkan ke dalam volume yang sama.
H. Sastra
Perjanjian Baru - abad pertama
Pendahuluan
a) Pertama setengah: Canon
Perjanjian Lama diterima oleh baik Yahudi dan Kristen Awal
b) Setengah detik: Injil,
Surat dan Wahyu
1.
Injil
a)
Injil
oral (30 -50 A) Disampaikan oleh para rasul untuk para pendengar dalam kuasa
Roh Kudus, yang pada gilirannya berbagi apa yang mereka dengar dengan komunitas
dimana mereka tinggal. Penganiayaan datang dan banyak melarikan diri ke kirim
ke orang lain dalam migrasi mereka.
b)
Injil
fragmentaris: Dengan beberapa yang berada di bawah ajaran Tuhan kita atau para
Rasul dan menulis rekening Kristus.
(1) Kisah 1: 15
(2) I Korintus 15:06
(3) Lukas 11:1 - 4
c)
Para
Ditulis Injil dan Wahyu
Catatan tiga hal:
§ Saksi mata .... itu
menjadi lebih sedikit karena kematian
§ Para memperbesar
Kekristenan melampaui Palestina
§ Diperlukan penduduk
Kristen Kebenaran Injil dalam menulis karena kebutuhan untuk belajar, memiliki
jaminan dan membela kebenaran melawan guru-guru palsu.
1.
Injil
Markus dianggap sebagai yg pertama dari Injil tertulis. Petrus informan dan
Mark penulis awal 50-an.
2.
Injil
Matius (58) Matius dipanggil oleh Tuhan secara pribadi
3.
Injil
Lukas (59 - 60) dokter
4.
Injil
Yohanes (90 - 95 M) yang ditulis di Efesus
5.
Wahyu
(95-100 M) dari pulau Patmos
2.
Waktu
Penulisan: Surat-surat ditulis antara 45 dan 95 AD karena alasan berikut:
a)
Berbagai
kebutuhan gereja-gereja
b)
Praktis
pertanyaan membutuhkan jawaban
c)
Kenyamanan
bagi orang-orang kudus yang dianiaya
d)
Hadir
pernyataan doktrinal
e)
Umum
silsilah Surat-surat
1)
Yakobus
ditulis sekitar 45 AD untuk orang-orang percaya Yahudi
2)
I
& II Tesalonika (52-53 M) Kenyamanan
dari penganiayaan dan utk membantu mengatasi rasa takut akn kematian
orang-orang kudus
3)
Galatia,
I Korintus (57 M.)
4)
Kedua
Korintus (57 M.)
5)
Roma
(58 M)
6)
Efesus,
Kolose, Filipi, Filemon (62-63 M)
7)
Ibrani
(Paulus 64 M)
8)
Surat-surat
Pastoral, I & II Pater, I, II & III Yohanes, Yudas
9)
Kisah
(sekitar 63 AD)
10)
Wahyu
- Wahyu (90 - 95 M)
Ringkasan: Selama abad pertama semua 27 kitab dari
Canon Perjanjian Baru ditulis dan tidak diragukan lagi diterima menjadi Gereja
Kristen awal. Selama waktu ini mungkin sudah ada dan tidak diragukan lagi
adalah, account lain dan perkataan Tuhan kita, para Rasul dan orang lain yang
mata saksi Kristus dan karya-karyanya.
I. Pembentukan
Cannon Perjanjian Baru
A. Pengantar
Latar
belakang tersusunnya Kanon Alkitab PB, disebabkan karena maraknya kitab-kitab
yang dikenal dengan nama “Apokripha PB” yang mengklaim firman Tuhan, antara
lain: Injil Petrus, Injil Orang Mesir, Injil Thomas, Injil Filipus, Injil
Kebenaran, Injil Nikodemus, 3 Korintus,Kpr, Surat Laodikia, Wahyu Petrus, Wahyu
Paulus, Wahyu Thomas, Injil Yakobus, Injil Nasrani, Injil Ibrani, Injil
Ebionit, Injil Hawa, Injil Andreas. Kitab-kitab yang muncul kira-kira pada abad
ke-2 ini; sedangkan 27 Kitab Perjanjian Baru sudah umum diterimah, karena itu
dengan tegasditolak sebagai Kanon Alkitab[10]
1.
Perjanjian Baru mengandung dua puluh tujuh buku yang
Gereja menerima sebagai Perjanjian Baru.
2.
Semua
dua puluh tujuh ada pada akhir abad pertama
3.
Buku
tersebar di wilayah yang luas sejauh Timur Babel dan sejauh Roma.
4.
Buku
diterima oleh gereja di mana mereka dikirim bersama dengan Perjanjian Lama
sebagai Firman Allah.
5.
Buku
yang berharga bersama dengan Perjanjian Lama dan dianggap sebagai mengandung
kehidupan dan kata-kata Yesus. Para guru adalah Rasul.
B.
AD
Pertama Abad 1 - AD 100
1.
Informasi
umum
a)
Bukti
bahwa pembicara dan penulis Perjanjian Baru berbicara dan menulis di bawah
inspirasi Ilahi.
b)
Perjanjian
Baru ditempatkan pada tingkat yang sama dengan Perjanjian Lama dalam segala
hal.
c)
Penulis
Ilahi yang sama dan otoritas yang diakui.
d)
Surat-surat
yang dipertukarkan antara gereja-gereja - (Mis. Aku Tesalonika 5:27; Kol
4:16; Rev.1:. 11)
2.
Surat
Tertulis
a)
Clement
dari Roma 30-100 Masehi dalam suratnya kepada Gereja di Korintus dia mengutip
kata-kata Tuhan Yesus dari Matius, Lukas, Roma, Efesus, Ibrani, Titus dan I
Yohanes.
b)
Surat
Barnabas 70 - 100 penuh dengan kutipan-kutipan dari Perjanjian Lama dan dari
Matius menyebut mereka Kitab Suci.
c)
Ignatius
30-107 Uskup di Antiokhia dipandu dan dilindungi gereja melalui penganiayaan
Domitianus wafat sebagai martir.
C.
Abad
Kedua: (100-170 M)
Selama waktu ini kita memiliki langkah-langkah awal
dalam pembentukan Canon Perjanjian Baru.
1.
Polikarpus
(69-150 M.) Uskup Smirna. Menulis sejumlah surat-surat tetapi hanya satu tetap.
Surat kepada Filipi yang telah turun kepada kita dalam bahasa Yunani, Latin,
dan ada terjemahan bahasa Inggris, sebagian besar terdiri atas kutipan dari
Perjanjian Baru sekitar lima puluh. (50 AD) Ia mengutip dari Matius, Lukas,
Yohanes, Kisah Para Rasul, saya Petrus dan sepuluh surat-surat Paulus semua
yang dianggap terinspirasi. Wafat sebagai martir pada usia 80 dibawa ke Roma
untuk arena.
2.
Ajaran
Dua Belas disebut "Didache" (100 M) Kutipan dari Matius dan Lukas.
3.
Justin
Martyr (100 - 165 AD) dalam yang besar "Apologie" kutipan dari Matius
23 dia kali, Lukas 19 kali dan dari Kisah Para Rasul Yohanes, Markus,, Pauline
Surat-surat, I Yohanes dan Wahyu.
4.
Irenaeus
(125 -? 192) Uskup Lyons, Gaul dan Perancis. Ia adalah orang yang pertama berbicara tentang
“Perjanjian Baru”[11]. Dalam karya yang disebut
"Against Heresies" (185 diawetkan dalam terjemahan Latin) Usess 1.800
mengutip dari Perjanjian Baru.
5.
Clement
dari Alexandria (150 - 217) adalah Uskup, Scholar dan penulis, yang disebut
Perjanjian Baru sebagai Kitab Suci.
6.
Tertulianus
(150 -220 M) penulis besar dan guru dari Afrika Utara. Dikutip lebih dari
delapan ratus bagian yang berbeda dari Perjanjian Baru, membuat 7.200
referensi. 3.800 dari Injil, 200 dari John saja. Dia acknowleged sebagai
inspirasi Kitab Suci 22 atau 23 buku Perjanjian Baru.
7.
Versi-versi
kuno (selama abad ini) tiga terjemahan Alkitab dibuat ke dalam bahasa lain.
a)
Old
Latin yang dibuat sekitar 150 AD untuk gereja-gereja di Afrika Utara yang
berisi 26 buku. (Menghilangkan II Petrus)
b)
Suryani
dibuat sekitar 150 AD untuk gereja-gereja di Suriah. Ini berisi 22 buku
menghilangkan II Petrus, II, III Yohanes, Yudas dan Wahyu.
c)
Tatianus
yang Diatessaron Harmoni Injil berisi 4 Injil.
d)
Fragmen
Muratori (170 M) ditemukan di abad ke-18 Milan dan diterbitkan 1740. Berisi
banyak dari Perjanjian Baru, bersama dengan surat-surat Yohanes dan Wahyu.
D.
Abad
ketiga (tahu)
Selama abad (397 M) dan berikutnya, mungkin dianggap
sebagai periode pengakuan formal dari Cannon Perjanjian Baru.
1.
Origenes
(185-254 AD) asli Alexandria, cendekiawan terbesar pada zamannya.
Berpendidikan. akan bepergian, sarjana dan guru dibagi Perjanjian Baru ke dalam
tiga kelompok.
a)
Asli
dan diterima di mana-mana (21 di semua) 4 Injil, Kisah Para Rasul, Surat-surat
Paulus 13, Petrus, I Yohanes, Wahyu
b)
Mereka
yang disengketakan antara gereja-gereja Ibrani, Yakobus II Petrus, II, II
Yohanes dan Yudas
c)
Ditolak
Cannon buku Apokrif
2.
Siprianus
(200 -258 M) Uskup Kartago Afrika Utara disebut "Uskup besar" dari
abad ke-3. Dikutip sebagian besar Kitab Suci, tetapi tidak menunjukkan tanda
Ibrani. Yakobus, II-III Yohanes, Yudas, alasan ... tidak di tangannya.
E.
Keempat
Century (tahu ini)
Pada abad keempat koleksi disebut
"Koleksi" dan kata "Canon" datang yang akan digunakan.
1. Abad ini dimulai dengan penganiayaan
besar di bawah Kaisar Diocletian (285-305 M)
a)
Tore
bawah gereja-gereja
b)
Kitab
Suci dibakar
c)
Pendeta
diburu dan disiksa
d)
Martir
untuk binatang dan hiburan di arena
2.
Enam
Gereja ayah dari periode
a)
Eusebius,
sejarawan (270 -340 M) Uskup Kaisarea diterima sebagian besar Perjanjian Baru
kecuali mengalami keraguan tentang II Petrus, Yakobus, II - III Yohanes dan
Yudas. Tidak ada penerimaan Apocrypha dengan cara apapun.
b)
Cyril
dari Yerusalem (315-386 AD) menerima semua kitab Perjanjian Baru kecuali Wahyu.
c)
Atanasius
(295 -373 M) Uskup dari Alexandria berbicara tentang beberapa orang yang telah
memasukkan buku-buku Apokrif ke Canon. Ia merinci 27 dan menyebut mereka
"Wells of Salvation" Ilahi dan Canonical.
d)
Jerome
(340-420 M) pembuat terjemahan Latin Vulgate (387-400 M) mengakui 27 kitab kita
sekarang memiliki sebagai inspirasi ilahi dan kanonik.
e)
Agustinus
(3354 -430 M) Uskup dari Hippo Afrika Utara. Dia mengakui 27 kitab yang kita
miliki sebagai kanonik juga. Dari
abad keempat datang sepuluh ayah dan dua dewan yang memiliki daftar buku
kanonik kiri. Daftar ini setuju dengan kita, kecuali ketika datang ke kitab
Wahyu.
RINGKASAN: Informasi umum yang akan membantu
mendorong kita untuk percaya dalam Firman Bapa Gereja dari yang pertama
bagian pertama dari Abad Kelima
1) Clement dari Roma 30-100
M
Pertama Century
2)
Ignatius
30-107 AD
3)
Polycrap
69-150 AD
Kedua Century
4)
Justin
Martyr 100 -165 Masehi
5)
Irenaeus
125-192? AD
6)
Clement
dari Alexandria 150-217 AD
Ketiga Century
7)
Tertulianus
150-220 AD
8)
Origenes
185-254 AD
9)
Siprianus
200-258 AD
10)
Eusebius
(Uskup Cesarea) 270-340 AD
Keempat Century
11)
Athanasius
296-373 AD
12)
Cyril
dari Yerusalem 315-386 AD
13)
Basilius
Agung 329 - 370 AD
14)
Chrysostom
347 -407 Masehi
(Patriarkh Konstantinopel
Disebut mulut Emas)
15)
Jerome
340-520 AD
16)
Agustinus
354-430 AD
J. Kebutuhan
dan uji Canon Perjanjian Baru
1.
Kebutuhan
(7)
a)
Sebuah
keinginan gereja-gereja untuk memiliki koleksi catatan otoritatif.
b)
Keberadaan
pemimpin sesat.
c)
Sektarian
memanfaatkan Apostolik ditulis sesuai dengan angan-angan mereka sendiri.
d)
Banyak
buku yang ditulis di bawah nama palsu dari Rasul.
e)
Penyebaran
Injil. (Membuat versi ke dalam bahasa lain sedini 150 AD)
f)
Penganiayaan
oleh Diocletian membuat perlu untuk menetapkan apa yang Kitab Suci benar dan
yang tidak.
g)
Kaisar
Konstantin memberi status yang pertama yang Kristen sama di antara agama-agama
lain dan kemudian atas negara. Ia memerintahkan 50 salinan yang akan dibuat
untuk ibukotanya Konstantinopel
2.
Test
(5)
a)
Apostolisitas
... telah ditulis oleh Rasul atau didikte oleh Rasul. Mark, yang telah dipilih
oleh Roh Kudus untuk menulis, seperti dalam kasus dari Injil Lukas dan Kitab
Kisah Para Rasul.
b)
Baca
di Gereja.
c)
Pengakuan
dan digunakan oleh para Bapa Apostolik (Justin Martyr, Eusebius, Agustinus)
d)
Kemampuan
buku untuk meneguhkan. (Kecil tapi penting)
e)
Kesaksian
Roh Kudus, dengan hati orang percaya.
Catatan:
Lebih dari 24.000 salinan naskah atau bagian dalam keberadaannya hari ini.
Empat Kelas K.
Buku
Perjanjian Baru
1. Homologomena ini ... mengakui buku di mana ada
pertengkaran kecil (20 di semua)
a. Empat Injil
b.
Kitab Kisah Para Rasul
c. Tiga belas Pauline Epistles (Roma kepada Filemon)
d. I Petrus
e. I Yohanes
2. Antilegomena yang .... (Buku yang disengketakan)
buku-buku yang muncul pertanyaan-pertanyaan tertentu dan yang terakhir harus
diakui dalam Kanon.
a. Ibrani
b. James
c. II Petrus
d. II, III Yohanes
e. Jude
f Wahyu (diterima, ditolak kemudian diterima)
3. Para Apocryhal Buku atau Apokrif Perjanjian Baru,
buku-buku ditolak, palsu ... makna yang sama tanpa kualitas asli 15 Contoh
buku:
a. Injil Juruselamat pada masa bayi
b. Sejarah Yusuf Tukang Kayu
4. Pseudopigrapha ..... diklaim diproduksi oleh
penulis Alkitab pada saat tetapi tidak pernah diterima di Canon.
a. Tujuh Injil ditulis oleh
(1) Andrew (5) Thomas
(2) Bartolomeus (6) Petrus
(3) Barnabas (7) Philip
(4) Matias
b. Delapan buku Kisah Para Rasul
(1) Yohanes (5) Thomas
(2) Paulus (6) Matias
(3) Petrus (7) Philip
(4) Andrew (8) Tadeus
c. Empat Wahyu
(1) Petrus
(2) Paulus
(3) Thomas
(4) Yohanes Teolog
Ringkasan: kami Alkitab Kristen:
a. Perjanjian Lama Canon diterima oleh komunitas
Kristen sebagai kanonik.
b. Injil
(1) Injil oral ... bagian pertama abad pertama
(2) Injil fragmentaris ... Seperti ditunjukkan oleh
01:01 - 4
(3) Injil tertulis ... Markus, Matius, Lukas,
Yohanes
c. Surat-surat: setengah terakhir abad pertama
(1) James sekitar 45 AD
(2) I, II Tesalonika
(3) Galatia, I Korintus
(4) II Korintus (57 AD) Roma (58 M)
(5) Efesus, Filipi, Kolose, Filemon ... Surat-surat
Penjara
(6) Ibrani
(7) I, II Timotius dan Titus .... Surat Pastoral
(8) I, II Petrus, I, II, III Yohanes, Yudas (68 M)
Surat Umum
(9) Kisah (63 M)
(10) Wahyu (90 - 95 M)
Catatan II: Alkitab "salinan Perjanjian Baru
John Wycliff yang dijual untuk £ 40 Itu tidak terdengar seperti banyak sampai
Anda menyadari bahwa upah rata-rata per tahun adalah £ 10 Jadi buku itu
bernilai pendapatan rata-rata empat tahun Setiap tunggal... Terjemahan copy
Wycliff adalah ditulis dengan tangan dan butuh sembilan atau sepuluh bulan
untuk menulis kata indah dilakukan oleh kata.
A. Sejarah
dan Alphabet ini
Dua puluh enam huruf dan
kita menulis dari kiri ke kanan.
Salah satu hal pertama
seorang anak belajar di sekolah atau sebelum sekolah adalah Apa ?________
Alphabet ________Why?
1. Apa yang dimaksud
dengan membaca pandangan?
2. Apa itu Phonics? Para
keluar terdengar dari vokal dan konsonan dari alfabet kita.
3. Bahasa Inggris adalah
bahasa atau menjadi bahasa kedua negara saat ini.
4. Abjad Inggris
diwariskan dari alfabet 23 huruf Romawi.
5. Bangsa Romawi menerima mereka dari
orang-orang yang disebut Etruria.
6. Para Etruscians dari
Yunani (8 ke abad 6 SM)
7. Yunani berasal dari
Fenisia 18 SM Abad
(Sejauh dapat
dikonfirmasi)
8. Fenisia alfabet 24
huruf konsonan semua
9. Memperkenalkan Sumeria
menulis sekitar 4.000 SM
10. Primitif Menulis
a. Gambar piktogram
b. Ideogram diwakili oleh
gambar
c. Rekaman suara satu
bahasa tertentu
d. Tanda-tanda yang
menunjukkan kata-kata Lograms seluruh
e. Menulis suku kata
Ma-An-Che-es-te-er (Manchester)
f. Semit alfabet ditulis
dari kanan ke kiri.
Ibrani, Arab dan Suriah
ditulis dengan cara ini sekarang.
g. Yunani pada awalnya
menggunakan "sapi-turn-bijaksana" dari kanan ke kiri kemudian kiri ke
kanan. Kemudian menulis dari kanan ke kiri.
h. Babilonia dan lahan
sekitarnya menulis di kolom bawah dari kanan ke kiri, kemudian berlari dari
kiri ke kanan. (2.500 SM)
i. Latin (400 SM) dari
sebuah prasasti di batu abjad ditulis dalam kolom vertikal dari atas ke bawah
dan bawah ke atas. Bahan tertulis pada .... lihat catatan kelas.
B. Alkitab
Bahasa: Sejarah Bahasa Kuno
1. Ibrani
a. Nama yang diberikan
untuk itu
(1) Yahudi lidah
(2) Bibir Kanaan
(3) Perjanjian Baru
"Ibrani" Wahyu 9:11
b. Asal: dari luar
Keluarga bahasa Semit (Kej. 10,11)
Kapur papan ilustrasi:
(1) Sebuah lingkaran
dengan nama Sem di tengah
(2) Sebuah peta lokasi
geografi dari orang-orang
c. Secara geografis
berbicara
(1) Barat
(A) Kanaan
(B) Moab (erat mirip)
(C) Fenisia
(2) Utara
(A) orang Amori
Bahasa Kanaan tetapi
mirip dengan bahasa Semit lainnya
(B) bahasa Aram
(3) Timur
(A) Komprehensif Akkadia
Babilonia-
(B) Assyria
(4) Selatan
(A) Saudi
(B) Ethiopia
Catatan: Sejak abad
ketujuh bahasa Arab telah menyebar Barat dan Timur dari rumah. Ini yang paling
banyak digunakan bahasa Semit sekarang hari.
2. Aram - keluar dari
bahasa Semit
a. Alkitab Referensi
(1) Kej 31:47 pertama
kali disebutkan altar Yakub dan Laban
(2) II Raja-raja 18:17 -
39 bnd. Yesaya 36:2 -22 Waktu Hizkia, ketika Asyur di bawah pemimpin Rabi
Shakeh, mengepung Yerusalem dan berbicara kepada orang Yahudi dalam bahasa
Ibrani bukan bahasa Aram bahasa diplomatik.
(3) Baik Ezra dan Nehemia
buku membuat referensi untuk beberapa orang yang kembali dari pembuangan
berbicara bahasa Aram.
(4) Daniel 2: ___ 7 :____
b. Menjadi bahasa
diplomatik Persia
c. Disampaikan melalui
luar Kekaisaran Persia abad ke-8 ke abad ke-3 SM ketika ia digantikan dengan
Yunani
d. Setelah abad ke-7,
bahasa Aram adalah bahasa Semit yang paling banyak diucapkan
3. Yunani Berasal dari
keluarga Indo Eropa bahasa sebagai bahasa Ibrani berasal dari bahasa Semit
Keluarga
a. Ilustrasi menggunakan
lingkaran lingkaran dua belas
(1) Dua bahasa mati:
(A) orang Het
(B) Tocharianevidence
dialek ini ditemukan di Cina Turkstan
(2) Sepuluh hidup bahasa
(A) India
(B) Iran
(C) Slavanic-Rusia,
Polandia, Ukraina, Ceko, Slovakia, Yugoslavia, Bulgaria
(D) Baltik - Latvia -
Lithuania
(E) Jerman - Inggris -
Jerman - Belanda Skandinavia
`(F) Celtic
(G) Miring - Latin
(H) Illyrian - Albania
(I) Thraco - Frigia -
Armenia
(J) Yunani
b. Lokasi geografis
Selatan bagian dari Semenanjung Balkin - zaman Alkitab - Makedonia - Akhaya -
Korintus
Catatan: Gambarlah peta
di papan tulis
c. Tiga gelombang
penduduk Semenanjung ini
(1) Ionians Ibrani
menyebut mereka anak-anak putra Yawan Yafet
(2) Achaean
(3) Dorian
d. Penyebaran Language
(1) Anak-anak Ionia Jawa
(2) Achaean
(3) Dorian
(4) Alexandria Agung ...
menaklukkan dunia kemudian dikenal dalam sepuluh tahun. Bahasa Yunani menjadi
bahasa nasional antar-sampai Latin.
e. Berbagai jenis Yunani
(1) Klasik
(2) Helenistik Sastra
(3) umum Yunani - Koine -
Vernakular dari Kitab Suci Perjanjian Baru
(4) Abad Pertengahan
Yunani
(5) modern Yunani
f. Kontribusi ke Kristen
(1) Septuaginta
(2) Kitab Suci Perjanjian
Baru
Catatan: Dalam Perjanjian
Baru kata-kata Anda dapat menemukan gaya bahasa Aram baik dan berbeda dari
Yunani
Kesimpulan pada studi
tentang Bahasa Alkitab
1. Ibrani Musa ke
penangkaran 1.600 -606
2. Pembuangan Aram
kembalinya Ezra 436 SM
3. Yunani
a. Kuno 280-180 SM
b. Umum Yunani 425 Masehi
digantikan oleh Latin
4. Bahasa Asli Alkitab
a. Perjanjian Lama
(1) Ibrani-Musa ke
Penawanan
(2) Pembuangan
Aram-kembalinya Ezra
(2880 Yunani Kuno - 1880
SM disebut LXX atau Septuaginta)
b. Bahasa Yunani
Perjanjian Baru yang umum disebut Koinay tersebut.
Digunakan sampai 380-425
digantikan oleh bahasa Latin.
5. Sejarah bahasa (kuno)
Distribusi Kej 10 negara:
a. Anak-anak Japeth yang
menetap di bagian utara Laut Hitam, Laut Kaspia, Laut Mediterania
b. Putra Ham menetap di
Kanaan dan Afrika
c. Anak-anak Sem menetap
di Mesopotamia
C. Sejarah
penulisan
1. Sumeria yang
memperkenalkan menulis sekitar 4.000 SM. (Cuneiform)
2. Babilonia, Asiria
3. Berasal dari bahasa
Aram-satu "Aram" dari lima anak-anak Sem. Aram diterjemahkan
"Suriah" bahasa Suriah.
4. Ibrani, Bahasa Yahudi
5. Arab, cabang selatan
bahasa Semit - bahasa Quran
6. Perjanjian Lama Yunani
Kuno 280 SM tanggal
7. Umum Yunani - tanggal
Perjanjian Baru 1100 - 400 AD
8. Latin tanggal 400 SM -
1.400 AD
9. Jerman - Inggris
modern waktu
D. Menulis
Bahan
1.
Liat
tabletsClay dikumpulkan dan membuat ke dalam kotak kecil. Sementara lembab dan
alat yang disebut stylus digunakan untuk menulis pada mereka. Ini kemudian
dimasukkan ke dalam oven atau dipecat dan menjadi catatan permanen. Ratusan ini
telah ditemukan terutama di sekitar tempat kelahiran Abraham, Ur-Kasdim.
2.
Ostraca
tembikar Unglazed atau potsherds tertulis di atas. Jumlah besar ditemukan di
tempat-tempat penggalian.
3.
Tiga
batu batu yang sangat penting
a)
Behistun:
Dinamakan setelah kota di Persia. Tulisan yang sebenarnya adalah pada wajah
gunung sekitar tiga ratus meter di atas tanah. Menulis itu diperintahkan oleh
Darius I yang Kingof Persia, Hal ini ditulis dalam Cuneiform. Ini memiliki
silsilahnya, kemenangan-Nya (19) dan syukur kepada Allah. Diawetkan dengan
bahan untuk bertahan.
b)
Rosetta
Stone: Sebuah lempengan batu hitam baslat diawetkan di Museum Inggris.
Ditemukan pada tahun 1179 oleh seorang insinyur Perancis di sebuah kota bernama
Rosetta di Delta Nil di Mesir. Sangat penting menemukan di bahwa itu membantu
membuka Hieroglif Mesir menulis. Ada tiga prasasti setara.
1.
Hieroglif-gambar
menulis
2.
Menulis
Demotik-umum tangan bersambung Mesir
3.
Yunani
Surat-Ukuran: 3 '9 "inci tinggi - 2' 41 / 2" inci lebar, 11
"tebal
c)
Batu
Moab:. Sebuah blok batu basal hitam, bulat di atas dengan dasar datar 3 3 1 / 2
"8 1 / 2" tinggi, 2 '"lebar dan 1" 3 / 4 "tebal Berisi
34 baris karakter Ibrani Fenisia Ditemukan pada tahun 1868. Ini tanggal kembali
ke 850 SM bentuk tertua yang diketahui dalam bahasa Ibrani dan Fenisia bentuk
tulisan..Rekaman Mesha Raja Moab perang dengan Omri Raja Israel dan
penerus-Nya. Dipecah menjadi tiga bagian.
d)
Kedua
batu yang berisi Sepuluh Perintah Hilang atau rusak
4.
Dinding
dan bangunan-Pompeii contoh
5.
Logam
- Perunggu, Emas, Perak
6.
Batu
berharga
7.
Kayu
tablet dengan dan tanpa lapisan lilin
8.
Wax
tablet yang digunakan oleh Yunani dan Romawi dari zaman awal Proses: tablet concaved
dan lilin dituangkan dalam dan merapikan. Dua dapat digabungkan bersama oleh
tali kulit dan berbalik muka dengan muka untuk melestarikan menulis. Bentuk
Terlama Codex atau bentuk buku.
9.
Papirus-Menulis
bahan dari mana kita mendapatkan nama kertas. Digunakan di Mesir. Fragmen
tertua yang dikenal dating kembali ke 2.400 SM.
a)
Berlimpah
pada satu waktu. Ia tumbuh di daerah berawa di delta Sungai Nil enam sampai dua
belas meter. Ini adalah buluh berbentuk segitiga. Kulit luarnya telah dihapus
meninggalkan empulur disebut interior. Ini ditulis setelah persiapan.
b)
Ukuran
Seprai 6 "X 9". 12 "X 15" dan dijual dalam gulungan dua
puluh lembar.
c)
Pentingnya:
Ekspor dan bahan penulisan yang umum sampai abad keenam Masehi. Hampir semua dari
Perjanjian Baru ditulis pada papirus.
10.
Perkamen
dan Vellum
a)
Perkamen
yang terbuat dari kulit binatang dalam bentuk kulit kecokelatan. Gumpalan ini
digunakan untuk menerima menulis di zaman kuno.
1.
Digunakan
oleh hewan Ibrani-bersih
2.
Digunakan
oleh Persia
3.
Digunakan
oleh Yunani
Yang tertua tahu spesimen tanggal gulungan kulit
kembali ke sekitar 1500 SM.
b)
Vellum
terutama yang terbuat dari kulit sapi atau hewan lain dari jenis yang baik.
Catatan: Dikatakan bahwa itu akan mengambil kulit
domba 350 dan sekitar 150 kulit betis untuk menulis kata dari Alkitab. Naskah Perjanjian Baru
Terlama sekarang ada di papirus. Dari abad keempat belas mereka ditulis pada
perkamen. Konstantinus memerintahkan Athanasius untuk membuat lima puluh
salinan sekitar 350 AD. Dikatakan
papirus adalah bahan tradisional yang digunakan oleh klasik kafir dan perkamen
itu digunakan oleh orang Kristen.
11.
Kertas:
Diciptakan oleh orang Cina sekitar abad kedua SM. Orang Arab memanfaatkan itu
sekitar abad ke-8 Masehi. Orang Spanyol dan ke Eropa. Kertas naskah tertua
Masih ada tanggal kembali ke 1109 AD.
E. Writing
Utensils (Note chart)
1.
Sebuah
stylus Digunakan untuk menulis pada tablet kuno. Terbuat dari logam, gading
atau tulang. Ini ada benarnya di satu ujung dan sebuah tombol di ujung lain
untuk membuat koreksi.
2.
Sebuah
pena buluh Jenis awal pena untuk menulis pada papirus dan kulit. Ini memiliki
ujung seperti kuas usang. Pena menunjuk masuk sekitar abad ketiga SM.
3.
Pena
Quill ini disebutkan lebih belakangan dari pada pena buluh. Ini adalah pena
untuk menulis di Vellum.\
4.
lain
mengimplementasikan
a)
Tinta
tiga warna utama
1.
Tinta
hitam dari hitam membuat lampu dan gusi dilarutkan dalam air
2.
Brown
terbuat dari Nutgalls
3.
Lainnya
ada merah, ungu, emas, perak
b)
Scribe
alat
1.
Pisau
2.
Whet stone
3.
Batu
apung - digunakan seperti kertas pasir
4.
Sponge
untuk menghapus dan membersihkan titik pena
F. Naskah
1. Gulungan gulungan papirus
abad yang terdiri dari sekitar 20 lembar dilem. Menulis itu dilakukan
horizontal dalam kolom. Rumit
untuk kembali roll serta untuk digunakan sebagai referensi. Orang-orang Kristen
berolahraga banyak pengaruh dalam membawa tentang bentuk kodeks-buku dari
gulir.
2. Tulisan tangan
Dua gaya
a) Uncial berarti
"surat tinggi". Kami akan memanggil mereka atas kasus huruf kapital.
Surat-surat itu kelanjutan dan dipisahkan. Hampir semua naskah Perjanjian Baru
lebih awal dari abad kesepuluh yang UNCIAL.
b) sangat kecil
1. Digunakan untuk menulis
non-sastra. Hal ini dikenal sebagai kursif yang, surat terhubung. Kami akan
menyebutnya rendah huruf.
2. Singkatan datang dan ini
adalah korslet dari sebuah kata dalam menulis.
Keaslian
dan Keaslian Kitab Suci
A. Tanda tangan (yang
berarti naskah asli)
1.
Tidak
ada tanda tangan dikenal dalam keberadaan hari ini (jika ada, tidak akan ada
kebutuhan untuk kritik Perjanjian Baru;. Orang bisa berkonsultasi dengan
asal-usul.
2.
Tanda
tangan berada di papirus dan tidak bisa bertahan hidup kecuali di daerah yang
kering atau Mesir dimana Gulungan Laut Mati ditemukan. Catatan: Injil Matius
akan membutuhkan gulungan papirus tiga puluh meter.
B. Papirus - 1752 beberapa ditemukan
di Naples Italia, hampir semua ditemukan di besar Mesir menemukan 1778.
1.
Informasi
umum
a)
saksi
yang masih ada Terlama dengan Perjanjian Baru adalah manuskrip papirus. Lebih
dari tujuh puluh (70) yang sekarang dikenal dan diidentifikasi.
b)
Beberapa
mengandung tiga dari empat ayat, beberapa mengandung sebagian besar Lukas,
Yohanes, Kisah Para Rasul dan bagian yang luas dari Surat-surat Paulus.
c)
Pertama
kali ditemukan di Mesir pada 1778 Fayum. Nilai mereka tidak menyadari sampai
bertahun-tahun kemudian.
2.
Mengandung:
Non-sastra dokumen-dokumen seperti kuitansi bisnis, dan perbuatan, penting
bahwa mereka menumpahkan cahaya pada budaya.
3.
Penting
Papirus Chester Beatty Papyri-(bagian-bagian yang ditemukan di tempat berikut
dan diumumkan pada 1931)
a)
Dublin
- berisi banyak Injil, Kisah Para Rasul, Surat-surat Paulus dan Wahyu.
b)
Parts
di Wina dan di Michigan.
c)
Parts
di Ryland Library di London. Ini adalah naskah tertua fragmen yang berisi 4
ayat dalam Yohanes 18: tanggal kembali ke abad kedua.
d)
di
Jenewa Swiss Bagian
Ø Termasuk keduanya, teks
Yunani Koptik dan sekuler.
Ø Berisi sebagian besar
Injil Yohanes dating kembali ke 200 AD. Surat Petrus, Mazmur 33: dan 34: semua
Rasul dan Surat-surat umum
C. Uncial Naskah-Atas kasus
(diblokir bentuk, lihat grafik) ditulis pada perkamen dan tanggal dari abad
ke-4 sampai abad 10.
1.
Quanity:
lebih dari 250 manuskrip uncials diketahui dari fragmen kecil hampir cukup
untuk menyelesaikan Perjanjian Baru
2.
Nilai:
lebih diandalkan bahwa papirus sebelumnya
3.
Ada
Uncial naskah (6 beredar)
a)
Codex
Sinaticus
1.
Ditulis
dalam bahasa Yunani di atas perkamen
2.
Tanggal
kembali ke abad ke 4h
Ø Eusebius 270 -340
Ø Athanaius 296 -373
Ø Jerome 340-520
Ø Chrysostom 347 -407
Ø Agustinus 354 -430
3.
Berisi
Perjanjian Baru 389 1 / 2 daun 13 1 / 2 x 14 1 / 2 "
4.
Ditemukan
di sebuah biara di Gunung Sinai oleh seorang pria dengan nama Tischendorf,
seorang sarjana besar Jerman.
5.
Sekarang
location: Museum Inggris. Dibeli dari Rusia untuk 100.000 mata uang Inggris
atau $ 510, 000.00 dolar Amerika.
b)
Codex
Vanticanus
1.
Ditulis
dalam bahasa Yunani di atas perkamen. Mengandung 759 daun 10 "X 10"
2.
Tanggal
kembali ke 350 atau 325 awal abad ke-4
3.
Kurang
bagian dari Ibrani, Surat-surat dan Wahyu Pastorale
4.
Ditemukan
di 1481. hadir lokasi: di Perpustakaan Vatikan
c)
Codex
Alexandria:
1.
Ditulis
dalam abad ke-5
2.
Berisi
sebagian besar Perjanjian Baru (bagian dari Matius Yohanes dan II Korintus)
Perjanjian Lama dan lainnya
3.
Nilai
yang digunakan oleh para ahli naskah lebih dari naskah lainnya
4.
Lokasi:
di British Museum
d)
Codex
Washingtoneness
1.
Ditulis
dalam bahasa Yunani
2.
Tanggal
kembali ke abad ke-5
3.
Berisi,
keempat Injil, Matius, Yohanes, Lukas, Markus
4.
Sekarang
lokasi: Smithsonian Institute di Washington
e)
Codex
Ephraemi Reseriptus (ditulis selama menulis sebelumnya yang telah terhapus)
1.
Ditulis
dalam bahasa Yunani
2.
Tanggal
kembali ke abad ke-5
3.
Berisi
Perjanjian Baru dan fragmen dari Perjanjian Lama
4.
Sekarang
lokasi: Perpustakaan Nasional di Paris
f)
Codex
Beza dinamai orang yang menemukannya
1.
Ditulis
dalam bahasa Yunani
2.
Tanggal
kembali ke abad ke-6
3.
Berisi
Injil, Kisah Para Rasul, dengan halaman menghadapi Yunani dan Latin naskah
Terlama dikenal untuk berisi dua bahasa.
4.
Sekarang
lokasi: Perpustakaan Universitas Cambridge di Inggris sejak 1581.
D. Minuscules naskah huruf
kecil (ini berasal dari abad kesembilan dan kemudian)
1.
Jenis
penulisan huruf kecil dan kursif
2.
Ada
kelompok yang lebih besar daripada manuskrip Minuscules Uncials dan mereka
memiliki nilai lessor. Ada sekitar 2 sampai 3,00 Minuscules dan hanya 46 berisi
Perjanjian Baru lengkap.
3.
Mereka
dalam sistem angka bukan alfabet
4.
Beberapa
yang penting.
a)
Codex
Aku naskah abad kedua belas Basil terletak di Swiss dan digunakan oleh Erasmus
dalam publikasi Perjanjian Baru pertama Yunani
b)
13
naskah kuno dari abad ke-13 yang terletak di Perpustakaan nasional Paris.
c)
Codex
13 dari abad ke-10 terletak di Leningrad Perpustakaan Umum. Salah satu
manuskrip Yunani semua paling indah Perjanjian Baru ditulis dalam huruf emas di
vellum ungu.
5.
Lektionar:
Alkitab ditulis untuk pelayanan gereja; ketertiban dan membaca setiap hari
a)
Nomor
dalam keberadaan 2.000
b)
Sebuah
kelompok yang terdiri dari satu Surat-surat ketiga, beberapa dari Kisah Para
Rasul dan beberapa dari Injil.)
Versi
literatur kuno diterjemahkan ke bahasa lain
§ Septuaginta 200 SM
§ Versi latin
1)
Latin
Lama disebut Itala. Bahasa resmi dari Roma, tetapi Yunani adalah bahasa yang
umum.
Ø Tiga atau lebih naskah
dari PL latin yang tahu
Ø Terlama berasal dari abad
ke-4
2)
Vulgata
Latin 362 AD distandarisasi oleh Teks Yunani.
a) Penterjemah Jerome 382 AD
b) 8.000 manuskrip Vulgata
diketahui, dua kali lebih banyak karena semua yang dikenal manuskrip Yunani
Perjanjian Baru.
c) Suryani versi (7) yang
sepertujuh disebut Siria Palestina digunakan saat ini.
d) Koptik tulisan Yunani
mengubah beberapa apa yang harus sesuai dengan bahasa Mesir disebut Koptik.
e) Versi Armenia
f) Versi Gergoria dari
daerah pegunungan di sekitar Laut Hitam dan Laut Kaspia.
g) Patristik Kutipan
Ø Begitu luas bahwa
Perjanjian Baru dapat direkonstruksi dari mereka
Ø Kebanyakan ditemukan di
Yunani dan Latin serta Siria
Ø Beberapa penulis
Patristik
o
Ambrosius
dari Milan Uskup 374-397
o
Anthanasius
o
Agustinus
o
Mulut
Emas Chrystom 347-407 (Timur gereja)
o
Clement
dari Alexandria
o
Sejarawan
Eusebius Besar Gereja
o
Asal
Afrika 185-254
o
Tertulianus
150 -240 Sebagian penulis produktif para Bapa Latin
h) Kronologi Versi Alkitab
a)
Alkitab
Ibrani yang pertama
b)
Terjemahan
Septuaginta LXX Yunani Ibrani 280-180 SM
c)
Perjanjian
Baru Yunani ditulis pada Papirus
d)
Vulgata
Latin dari sekitar 450 untuk Reformasi
e)
Versi
Inggris
1)
Wycliffe
versi 1380. Perjanjian Baru 1382. PL
adalah terjemahan pertama dari Alkitab ke dlm bhs Inggris.
2)
Versi
Tyndales. Perjanjian Baru 1525. Pertama dicetak Alkitab bahasa Inggris, tapi
tidak lengkap.
3)
Alkitab
Coverdale 1535, direvisi pada tahun 1537
f)
Versi
Katolik O Rheims Douai Bible Perjanjian Baru 1582. Perjanjian Lama 1609, 10.
Ini dibawa ke dalam keberadaan untuk melawan peredaran Alkitab bahasa Inggris.
Katolik Roma yang diperlukan untuk memenuhi versi populasi gereja mereka. Ini
adalah terjemahan sekunder berasal dari terjemahan dari terjemahan dari Latin
Vulgate.
g)
Versi
King James (Authorized Version) pada 22 Juli Raja mengumumkan bahwa ia telah
menunjuk 54 orang untuk melakukan terjemahan.
§ Persyaratan ... laki-laki
terbukti sebagai Sarjana Alkitab yang efisien
§ Proses ... Terorganisir
menjadi enam kelompok
A.
Dua
kelompok pertemuan di Westminster. Satu kelompok I Tawarikh untuk Pengkhotbah.
Satu kelompok Apocrypha.
B.
Dua
kelompok pertemuan di Cambridge. Satu kelompok Yesaya sampai Maleakhi. Satu
kelompok Matius
C.
Dua
kelompok pertemuan di Oxford. Satu kelompok Yesaya sampai Maleakhi. Satu
kelompok Matius sampai Kisah Para Rasul dan Wahyu.
3)
Nilai:
direncanakan pada thn 1604 menghabiskan tiga tahun dalam pekerjaan pendahuluan
dan studi pribadi
4)
Mulai
tahun 1607
5)
Selesai
pada 1161
6)
Bertemu
dengan oposisi dan banyak kesalahan ketik pada cetakan pertama itu. Dalam
revisi pergi dan menjadi orang Inggris yang beredar Alkitab untuk beberapa 350
tahun. Masih favorit saat ini banyak.
7)
Revisi
Versi bahasa Inggris. Perjanjian Baru 1881. Perjanjian Lama 1885
8)
Revised
Version Amerika 1901
9)
New
International Version 1984
[1] . G. C.
van Niftrik dan B. J. Boland, Dokmatika
Masa Kini, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, Cet. Ke-21,2015) 385
[8] . Cornelius Van Til, Pengantar Teologi Sistematiak (Surabaya: Momentum, Cet. Pertama,
2010) 283.
[11] .
Bernhard Lohse, Pengantar Sejarah Dokmatika Kristen,( Jakarta BPK: Gunung Mulia,
Cet. Ke-6, 2008) 34
Komentar